Edan! 3 Set Gamelan Rp1,2 Miliar Dicuri, Dijual Cuma Rp6 Juta

Kamis, 02 Februari 2023 - 14:19 WIB
loading...
A A A
Usai mendapat laporan, mereka kemudian melakukan penyelidikan. Polisi melakukan olah TKP dan melakukan pemeriksaan. Kebetulan hari Senin tanggal 16 Januari 2023, sebuah akun instagram milik AIL mengunggah iklan menjual 1 set gamelan.

"Kami kemudian berpura-pura melakukan transaksi pembelian dan janjian untuk bertemu dengan pemilik akun Instagram tersebut. Dari dia kami mengamankan 1 set gamelan," ujarnya.

Polisi kemudian melakukan pemeriksaan terhadap AIL. Diperoleh informasi jika gamelan tersebut didapat dari sebuah gallery di Wojo Kapanewon Sewon Bantul.

Polisi kemudian mendatangi gallery tersebut dan mendapati dua set gamelan lain. Pihaknya kemudian menyita gamelan yang masih ada tersebut dan melakukan pemeriksaan terhadap pemilik gallery.

Pemilik gallery mengatakan jika barang tersebut didapat dari dua orang yang datang menggunakan sepeda motor, salah satunya mengenakan baju ojek online berwarna hijau.

"Setelah itu kami lakukan penyelidikan dan didapatlah identitas pelaku. Kami juga mengumpulkan rekaman CCTV jika dimungkinkan ada di sekitar lokasi kejadian. Kami ketahui identitasnya kemudian mengamankannya ke Mapolsek untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.

Dalam pemeriksaan didapat informasi jika 1 set gamelan telah dijual seharga Rp6 juta. Padahal sejatinya, gamelan kuno tersebut harganya mencapai Rp1,2 miliar. "Motifnya karena ekonomi," kata dia.

Dia menambahkan, mereka tidak pernah melakukan profiling lokasi kejadian. Karena ada salah satu tersangka yang merupakan warga di sekitaran lokasi kejadian. Sehingga dia dengan mudah melakukan pencurian.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1829 seconds (0.1#10.140)