Disambangi Turis Luar Negeri, Pariwisata Sumenep Madura Bangkit Pasca Covid-19

Rabu, 01 Februari 2023 - 09:03 WIB
loading...
Disambangi Turis Luar Negeri, Pariwisata Sumenep Madura Bangkit Pasca Covid-19
Pantai Sembila menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sumenep, Madura.Foto/ist
A A A
SUMENEP - Sektor pariwisata di Kabupaten Sumenep mulai dilirik turis luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan kedatangan turis mancanegara untuk menikmati keindahan wisata alam dan budaya di ujung timur pulau madura itu. Rombongan turis luar negeri itu akan datang dengan menggunakan kapal pesiar pada hari ini.

"Perdana untuk turis mancanegara rombongan akan datang sore ini. Kita akan mempersiapkan penyambutan. Mereka akan menikmati wisata alam dan heritage di Sumenep," kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi di Surabaya pada Rabu (1/2/2023).

Fauzi menuturkan, ada beberapa destinasi wisata yang menjadi langganan para turis mancanegara. Diantaranya adalah museum keraton Sumenep, pulau Giliyang dan Gililabak dan pantai Lombang. "Mereka juga berkunjung ke kerajinan batik dan keris di Sumenep," tambah bupati yang identik dengan blangkon itu.

Baca juga: 6 Warga Blitar Terjangkit Kusta, Pemerintah Minta Tidak Ada Pengucilan

Politikus dari PDIP itu mengungkapkan, sepanjang tahun pada tahun 2018, ada sekitar 32 kapal pesiar yang berkunjung ke wilayahnya.

Para turis itu berasal dari berbagai mancanegara, seperti Perancis, Jerman dan Amerika Serikat. Sayangnya, akibat pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan mancanegara sempat menurun. "Kalau sendiri-sendiri dari kemarin sudah mulai. Ini mereka datang rombongan," tambahnya.

Untuk mendongkrak kedatangan turis mancenagara, Fauzi mengaku telah melakukan sejumlah terobosan. Diantaranya dengan menggencarkan promosi tentang keindahan alam dan budaya di Sumenep, penyelenggaraan kalender event berbasis panthelix dengan membangun sejumlah fasilitas hunian seperti hotel bintang lima di Sumenep.

"Kita memberikan informasi agar mereka bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata di wilayah Sumenep," tandasnya.

Fauzi juga mempromosikan wisata Sumenep sejumlah lagu yang diciptakannya. Dengan menggandeng musisi lokal, dia menciptakan lagu yang menceritakan keindahan dan keunikan budaya di Sumenep. "Sumenep juga mempunyai wilayah golden triangle yang menyuguhkan pemandangan menawan. Diantaranya adalah pulau Gili Labak, pulau Giliayang dan pantai Lombang," ujarnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4092 seconds (0.1#10.140)