Kisah Kesaktian Panembahan Senopati Bikin Bergidik, Tak Mempan Ditusuk Keris Sakti Milik Ki Bocor

Kamis, 26 Januari 2023 - 08:35 WIB
loading...
A A A


HJ. De Graaf dalam tulisannya tersebut, mengisahkan upaya Ki Bocor menguji kesaktian Panembahan Senapati, dengan menusukkan keris sakti ke tubuh Raja Mataram tersebut. Upaya menguji kesaktian itu, juga dilandasi rasa tidak suka Ki Bocor menjadi bawahan Panembahan Senopati.

Ki Bocor merupakan seorang keturunan Pangeran Tole, Raja Pasir pertama yang menganut agama Islam di Banyumas, Jawa Tengah. Raja Pasir merupakan raja taklukkan yang setia ke Sultan Demak.

Melihat dari garis keturunan tersebut, diduga yang menjadi pemicu Ki Bocor tidak bersedia tunduk kepada Panembahan Senopati, dan Mataram Islam. Ki Bocor marasa sebagai keturunan keluarga tua, sehingga menganggap Mataram masih muda darinya.

Bahkan, gelar Ki Bocor sama dengan Raja Pasir pertama, yang diduga diperoleh dari Sultan Demak. Ki Bocor merasa bahwa dirinya sama tinggi dengan Panembahan Senapati. Hanya kekuatan gaib dan kekebalan Panembahan Senapati, yang akhirnya dapat meyakinkan Ki Bocor tentang takdir Panembahan Senapati menjadi raja seluruh tanah Jawa.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)