Kisah Kesaktian Panembahan Senopati Bikin Bergidik, Tak Mempan Ditusuk Keris Sakti Milik Ki Bocor

Kamis, 26 Januari 2023 - 08:35 WIB
loading...
Kisah Kesaktian Panembahan Senopati Bikin Bergidik, Tak Mempan Ditusuk Keris Sakti Milik Ki Bocor
Panembahan Senopati. Foto/Dok. kebudayaan.jogjakota.go.id
A A A
Ki Bocor jatuh terkulai lemas di tanah, saat berupaya menusukkan keris dari belakang tubuh Panembahan Senopati. Ki Bocor tak kuat menahan tubuhnya sendiri, karena kelelahan setelah berulang kali menusukkan keris ke Panembahan Senopati.

Baca juga: Kisah Skandal Panembahan Senopati Bercinta dengan Istri Sultan Pajang hingga Punya Anak Laki-laki

Dengan sisa tenaga yang dimiliki, Ki Bocor yang merupakan seorang mantri di Kerajaan Mataram, akhirnya lari tunggang langgang ketakutan. Tubuhnya bergidik saat menyaksikan Panembahan Senopati tak mempan ditusuk keris sakti yang dibawanya.



Upaya menguji kesaktian Panembahan Senopati dengan diam-diam menusukkan keris sakti itu, sengaja dilakukan oleh Ki Bocor yang diduga sudah memiliki rasa tidak suka dengan Raja Mataram Islam tersebut. Namun sayangnya, upaya menguji kesaktian yang dilandasi rasa benci itu, lebih dahulu diketahui oleh Panembahan Senopati.

Baca juga: Heboh Makam Syekh Subakir di Tulungagung, Penyebar Islam Asal Persia yang Menumbali Tanah Jawa

Tepat di malam saat Ki Bocor berencana menusukkan keris sakti miliknya, Panembahan Senopati telah bersiaga dalam senyap. Dia duduk di depan meja pada tengah malam, dan dengan tenang membiarkan tubuhnya ditusuk keris sakti dari belakang oleh Ki Bocor.

Saat Ki Bocor berlari dengan ketakutan dan menahan rasa lelahnya, tiba-tiba keris sakti milik Panembahan Senopati, bernama Kebo Dengen terpelanting seperti terbang dan menancap di tanah dekat Ki Bocor. Panembahan Senopati pun, mengampuni Ki Bocor dan membiarkannya pergi.

Kisah kesaktian Panembahan Senopati ini terus berkembang di tengah masyarakat, dan menjadi cerita tutur. Diduga, kebiasaan Panembahan Senopati yang sering bertapa dan berdoa kepada sang pencipta, membuat pendiri Kerajaan Mataram Islam ini memiliki ilmu linuih dibandingkan manusia biasa.

Cerita tentang kesaktian Panembahan Senopati, juga banyak diceritakan dalam Babad Tanah Jawi sebagaimana diulas HJ. De Graaf dalam bukunya yang berjudul "Awal Kebangkitan Mataram: Masa Pemerintahan Senapati".
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2321 seconds (10.101#12.26)