Sambut HUT RI, Pemuda Raja Gelar Webinar Pertempuran Balambang

Minggu, 15 Agustus 2021 - 20:58 WIB
Monumen sejarah Pertempuran Balambang tahun 1946 yang terletak di depan Kantor Desa Raja Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Foto: Sindonews/Chaeruddin
LUWU - Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 Pemuda Desa Raja menggelar webinar dalam rangka mengkaji peristiwa Pertempuran Balambang pada tahun 1946.

Kegiatan ini sengaja dilakukan pada bulan Agustus sekaligus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-76 di Kabupaten Luwu.





Ketua Pelaksana Salim Sahar menjelaskan, melalui Webinar Pertempuran Balambang, diharapkan kembali mereview cerita atau sejarah pertempuran Balambang dengan menghadirkan pelaku sejarah atau pun putra dan putri para pelaku sejarah pada peristiwa berdarah itu.

"Narasumber kita rencana awal ada 3 orang, namun karena satu dan lain hal, pada kesempatan ini, narasumber yang sempat hadir hanya 1 orang," katanya.

"Narasumber kita pada malam ini adalah Jus'ang. Beliau adalah pelaku sejarah, itu telah diakui oleh pemerintah dengan terdaftarnya beliau sebagai Veteran di Indonesia," lanjut Salim.

Jus'ang diketahui terlibat dalam beberapa sejarah perjuangan di negeri ini khususnya di Tana Luwu. Selain itu, Jus'ang juga merupakan pelaku sejarah Pertempuran Balambang.

"Sehingga panitia menilai, beliau layak kita hadirkan sebagai narasumber, menceritakan tentang dan seperti apa pertempuran Balambang pada saat itu tahun 1946," katanya.

"Tujuan pelaksanaan Webinar Pertempuran Balambang yakni melestarikan sejarah Pertempuran Balambang. Melalui Webinar ini, sejarah Pertempuran Balambang dapat kembali diceritakan kepada penerus bangsa khususnya Putera dan Puteri Balambang, sehingga sejarah ini tidak putus dan tetap terpatri di sanubari kita semua," lanjut Salim.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content