Prajurit TNI AL Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

Kamis, 12 Agustus 2021 - 15:45 WIB
Prajurit TNI AL melakukan donor plasma konvalesen dan donor darah biasa untuk membantu dan menolong pasien Covid-19 di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Kamis, (12/08/2021). Foto: Istimewa
MAKASSAR - Prajurit TNI AL di Makassar (Lantamal VI Makassar) gelar donor plasma konvalesen dan donor darah biasa untuk membantu dan menolong pasien Covid-19 di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Kamis, (12/08/2021).

Kegiatan donor TNI AL dengan tema “Memberikan Darah, Menyelamatkan Kehidupan” tersebut merupakan bentuk Implementasi perintah dan petunjuk dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang gerakan serentak donor plasma Konvalesen bagi penyintas Covid-19 dan donor darah reguler dalam rangka membantu persediaan stok darah dan plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI).



Donor plasma Konvalesen dan donor darah biasa di Lantamal VI Makassar tersebut juga di rangkaian dengan Video Converance (vicon) dengan seluruh Kotama/Satuan Jajaran TNI AL oleh KASAL dan dengan HM Yusuf Kalla sebagai Ketua Umum PMI di Markas Kolinlamil Jakarta

Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Beny Sukandari, menjelaskan bahwa, pelaksanaan kegiatan donor plasma konvalesen di Mako Lantamal VI sudah dilaksanakan sejak tanggal 31 Juli 2021 diawali dengan screening siswa satdik-2 Makassar sejumlah 95 orang dan memenuhi syarat sebagai pendonor 11 orang.



Selanjutnya pelaksanaan donor plasma dilaksanakan di Kantor UDD PMI Jalan Kandea Kota Makassar pada tanggal 1 Agustus 2021 lalu dan berhasil terdonor 8 orang.

Sedangkan pada saat ini dilaksanakan screening donor plasma konvalesen dengan target 72 orang terdiri dari prajurit militer 51 orang, PNS Lantamal VI 20 orang dan keluarga besar Lantamal VI 1 orang.

"Bagi calon peserta donor yang memenuhi syarat akan dimobilisasi ke UDD PMI Makassar pada tanggal 13 Agustus 2021 untuk pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen," ujarnya.



Selain itu juga diadakan juga donor darah reguler (Darah Biasa) dengan target 205 orang terdiri dari prajurit militer 50 orang , PNS Lantamal VI 50 orang, keluarga besar Lantamal VI 20 orang dan masyarakat unsur Maritim sebanyak 85 orang.
(agn)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More