Bantu Pasien COVID-19, PMI Banten Bangun Layanan Donor Plasma Konvalesen di 4 Titik

Selasa, 10 Agustus 2021 - 22:52 WIB
loading...
Bantu Pasien COVID-19, PMI Banten  Bangun Layanan Donor Plasma Konvalesen di 4 Titik
PMI Kabupaten Serang meluncurkan pelayanan donor plasma konvalesen secara virtual, Selasa (10/8/2021). Foto: Istimewa
A A A
SERANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Banten kini memiliki tambahan pelayanan donor plasma konvalesen yang siap membantu masyarakat terutama pasien COVID-19 .

Penambahan itu ditandai dengan peluncuran pelayanan donor plasma konvalesen secara virtual, yang dilakukan Ketua PMI Provinsi Banten, Selasa (10/8/2021).

“Kita patut bersyukur atas launching donor plasma di UDD PMI Kabupaten Serang.Berarti saat ini di Banten ada empat UDD PMI yang bisa melakukan donor plasma konvalesen,” katanya.



Tatu mengungkapkan, dari tiga UDD yang telah lebih dulu melakukan pelayanan, telah didistribusikan5.385 kantong plasma konvalesen. Dengan perincian, golongan darah A sebanyak 1.463 kantong, golongan darah B sebanyak 1.515 kantong,golongan darah O sebanyak 2.051 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 356 Kantong.

“Bukan hanya untuk kebutuhan masyarakat yang terinfeksi COVID-19 di Banten, juga dikirim ke seluruh Tanah Air. Bahkan hingga ada pemesanan dari Papua,” ujarnya.

Menurut Tatu, plasma konvalesen efektif sebagai terapi alternatif penyembuhan bagi pasien COVID-19 yang bergejala sedang hingga berat. “Saya mengajak semua para penyintas COVID-19 yang sudah sembuh untuk dapat mendonorkan plasmanya. Kita bantu saudara kita yang sedang berjuang sembuh dari COVID-19. Insya Allah, semua menjadi pahala kebaikan,” ujarnya.



Tiga UDD yang lebih dulu telah melakukan pelayanan plasma yakni, PMI Kota Tangerang, PMI Kabupaten Tangerang, dan PMI Kota Tangerang Selatan. “Kita berharap dengan bertambahnya UDD yang melaksanakan donor plasma, maka akan dapat memenuhi kebutuhan plasma yang saat ini sedang meningkat,” ujarnya.

Tatu juga meminta pemerintah daerah di Banten untuk membantu memaksimalkan donor plasma konvalesen. Bersama dengan PMI mengkampanyekan donor plasma konvalesen kepada para penyintas Covid-19. “PMI berkomitmen dan sudah menjadi tugas utama, membantu pemerintah dalam pelayanan kepalangmerahan. Bersama-sama melawan pandemi,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)