Skema BNPB Cairkan Seluruh Dana Bantuan Gempa Malang untuk Perbaikan Rumah

Rabu, 28 April 2021 - 22:50 WIB
“Untuk apa saja? material dan tukang, selesai. Apa yang diperbaiki? Dilihat ke sana, fotoin, nanti tinggal pertanggungjawaban. Nanti diakui oleh tim teknis, baik tim provinsi, maupun kabupaten kota,” imbuhnya.

Bila proses rekonstruksi selesai dijalan dan laporan pertanggungjawaban telah disusun, dijelaskan Rifai pemerintah pusat melalui BNPB bakal langsung mencairkan dana stimulan bantuan ke warga mulai Rp 10 juta, hingga Rp 50 juta untuk kerusakan rumah kategori berat.

“Begitu ada progres, uang dikeluarkan. Siapa yang mengatur? Adalah tim bupati dan provinsi, meng-approve (menerima, red), oh ini, oke bayar. Tapi yang baik tadi rusak ringan, sedang karena swakelola. Dan memang cukup banyak uangnya. Itu saya anjurkan, nanti petunjuk teknis provinsi kabupaten itu bisa dibayar langsung,” jelasnya.

“Jadi masyarakat membangun sekarang, begitu selesai lapor, Pak nanti ini selesai. Pada saat nanti kita masukkan, transfer, nanti diapprove sama tim ini, tinggal dibayar. Kwitansi nggak boleh hilang, (sebagai laporan) pertanggungjawaban,” tandasnya
(msd)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More