Serap Aspirasi Masyarakat Adat, Ridwan Kamil Sambangi Kasepuhan Ciptagelar

Rabu, 24 Maret 2021 - 23:45 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat mengunjungi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3/2021). Foto/Humas Pemprov Jabar
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambangi Kasepuhan Ciptagelar di Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/3/2021). Kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan perlindungan terhadap masyarakat adat terjamin, khususnya saat pandemi COVID-19.

"Sebagai gubernur, saya harus memastikan perlindungan terhadap seluruh masyarakat berlangsung baik selama COVID-19," kata Ridwan Kamil.

Hingga saat ini, Kasepuhan Ciptagelar nol kasus COVID-19. Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, kasus terkonfirmasi COVID-19 mayoritas berada di perkotaan. Semakin jauh dari pusat kota, semakin kecil kasus COVID-19. Selain itu, masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar disiplin menjaga lingkungannya dari penularan COVID-19.

Baca juga: Ridwan Kamil Resmikan Jembatan Cibuni, Akses Warga Sukabumi-Cianjur Kini Makin Mudah

"Dalam pandangan saya, COVID-19 ini penyakit kota. Kasus banyaknya di kota seperti di Jabodetabek. Tapi kalau sudah ke gunung-gunung, pedalaman, semakin kecil kasus COVID-19," ujarnya.



Kang Emil pun menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar karena dalam setahun ke belakang baru bisa kembali mengunjungi kasepuhan-kasepuhan yang ada di Jabar.

"Selama setahun ini saya mohon maaf belum ada kesempatan mendatangi kasepuhan-kasepuhan atau kampung-kampung adat, baru kali ini lagi," ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Kang Emil langsung bertemu dengan Ketua Adat Kasepuhan Ciptagelar, Abah Ugi Sugriana. Selain bersilaturahmi, dia juga menyerap aspirasi-aspirasi masyarakat kasepuhan melalui Abah Ugi.

"Tadi sudah sowan kemudian ada aspirasi-aspirasi yang tentunya akan kita dukung," katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More