Pemkab Jayapura Bahas Refocusing Anggaran 2021

Kamis, 18 Maret 2021 - 20:32 WIB
"Itu dana kelurahan yang dipersiapkan untuk sinergitas dengan TNI-Polri dengan instansi vertikal di wilayah distrik. Termasuk juga insentif tenaga kesehatan yang penanganan Covid-19 ini dari DAU," katanya.

Selain itu, DID juga untuk penanganan pandemi Covid-19 namun lebih banyak ke penduduk yang terdampak krisis kesehatan akibat bencana, sarana prasarana kesehatan dan digitalisasi pelayanan kesehatan.

"Seperti pengelolaan sistem informasi kesehatan itu juga harus di biayai dari dana insentif daerah. Serta, fasilitas bantuan sosial kesejahteraan keluarga atau jaring pengaman sosial juga dari DID," ujarnya.

Sedangkan Dana Desa (DD) diluar dari BLT, kata Subhan, harus juga menyiapkan untuk penanganan pandemi Covid-19. "Jadi untuk alokasi DAU itu ada empat bidang yang harus ditangani, yaitu vaksinasi Covid-19, insentif tenaga kesehatan, belanja kesehatan lainnya dan pos komando ditingkat kelurahan yang ada di wilayah distrik," katanya.

Oleh karena itu Pemerintah Daerah diminta untuk segera melakukan penyesuaian kembali dokumen APBD 2021, setelah adanya pemotongan dari Pemerintah Pusat dan penyesuaian anggaran atau refocusing untuk penanganan Covid-19.

"Sesuai arahan Pak Bupati, masing-masing OPD diminta segera melakukan perubahan penyusunan kegiatan berdasarkan skala prioritas, sehingga kita harap paling lambat pertengahan bulan Maret ini sudah tuntas dan di akhir bulan kita sudah bisa melaporkan ke pusat," ujarnya.
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More