Jenderal Ini Berdayakan Ibu-ibu Papua dengan Membuka Gerai Oleh-oleh di Bandara

Kamis, 19 Januari 2023 - 21:21 WIB
loading...
Jenderal Ini Berdayakan Ibu-ibu Papua dengan Membuka Gerai Oleh-oleh di Bandara
Korem 172/PWY, Jayapura, Papua, membuka gerai pertama usaha kuliner di Bandara Sentani, Kamis (19/1/2023). Gerai Bang Pace ini menjual kuliner dan oleh-oleh khas Papua. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Korem 172/PWY, Jayapura, Papua, membuka gerai pertama usaha kuliner di Bandara Sentani. Gerai Bang Pace ini menjual kuliner dan oleh-oleh khas Papua.

Bang Pace hadir dengan produk unggulan seperti abon gulung, kue bolen, kopi bubun an meke, keripik tempe, manisan kelapa, keripik talas ungu, selai kelapa, nugget ikan, kerupuk sagu, dan kacang sembunyi. Komandan Korem 172/PWY Brigjen J.O. Sembiring, penggagas pemberdayaan ekonomi ibu-ibu Papua berharap gerai tersebut bisa mendorong masyarakat Papua mandiri dan maju secara ekonomi.

"Karena itu untuk saat ini, kami masih fokus dengan gerai yang ada, sambil terus mempromosikan Bang Pace kepada seluruh lapisan masyarakat," kata Bang Jo, demikian Brigjen J.O. Sembiring kerap disapa kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Ke depan ada upaya mengembangkan gerai di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota/Kabupaten Jayapura. "Bahkan ke depan harapan kami dapat membuka gerai di luar Papua. Contohnya di Jakarta dan daerah besar lainnya di Indonesia," ujarnya.

Bandara Sentani, kata Bang Jo, adalah pintu gerbang Papua. Sangat strategis untuk pengenalan produk dan promosi. "Harapannya, setelah mereka (para penumpang pesawat) membeli produk ini, ketika ke sini akan membeli lagi, atau bisa membeli lewat daring,” imbuhnya.

Menurut Bang Jo, saat ini yang terpenting masyarakat dapat menerima Bang Pace sebagai salah satu pusat oleh-oleh kuliner khas Papua yang harganya terjangkau dengan rasa tidak kalah dengan yang lain. Seperti moto Bang Pace 'Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Empat'.

Bang Pace merupakan usaha kuliner yang dikelola Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 172. Usaha ini telah diresmikan 12 November 2022 bertepatan dengan syukuran HUT ke-59 Korem 172/PWY. "Gerai utamanya berada di Makorem 172/PWY, Abepura," ujarnya.

Pembukaan gerai Bang Pace di bandara ini sebagai bukti komitmen Korem 172/PWY dalam meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat Papua. "Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Angkasa Pura sebagai bentuk dukungan mereka dalam peningkatan UMKM. Saat ini kami juga berkolaborasi dengan Cafe Guten Morgen,” tambahnya.

Menurut Bang Jo, memulai pemberdayaan UMKM di kalangan ibu-ibu sangat penting. Namun yang lebih penting adalah keberlangsungan usaha tersebut sampai bisa meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Karena membangun UMKM tidaklah mudah. Memerlukan ketekunan dan keterampilan serta kesabaran ektra baik dalam pengolahan bahan baku sampai dengan pemasaran," tambahnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)