Jaga Mutu dan Keamanan, BPOM Tinjau Gudang Vaksin COVID-19 Jawa Barat

Sabtu, 30 Januari 2021 - 18:01 WIB
"Kemarin saya sudah koordinasi dengan Kemenkes dan BPOM bahwa ketika akan distribusi (vaksin) mohon diinformasikan kepada kami karena baik Jabar maupun kabupaten/kota harus menyiapkan gudang-gudangnya. Dan gudang-gudang itu harus siap untuk berapa banyak vaksin yang dikirim," terangnya.

Selain kesiapan gudang, kata Setiawan, sarana penyimpanan vaksin COVID-19 pun harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, mulai dari lemari es sampai vaccine carrier.

Menurut Setiawan, hal tersebut penting untuk disiapkan agar kualitas vaksin COVID-19 yang akan didistribusikan ke tempat pelayanan vaksinasi COVID-19 tetap terjaga.

Baca juga: Ridwan Kamil Gulirkan Program 5.000 Petani Milenial, Ini Tanggapan Duta Petani Andalan Kementan

"Kita pun memastikan sarana-sarana yang harus dimiliki, rantai dingin (cold chain) harus berjalan karena itu terkait dengan temperatur untuk menjaga vaksin. Kurang lebih seperti itu," imbuh Setiawan.

Baca juga: Dukung Tren Virtual Meeting, Shure Hadirkan Solusi Sistem Audio Premium

Setiawan menambahkan, sejauh ini, tidak ada kendala berarti dalam penyimpanan dan pendistribusian vaksin COVID-19 di Jabar. "Sejauh ini bagus, saya melakukan kunjungan dengan Kepala Badan POM RI melihat sejauh ini bagus, tidak ada hambatan," tandasnya.
(boy)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More