PTUN Menangkan Gugatan 32 Warga Tangerang Terkait Pembatalan Setifikat HGB

Kamis, 14 Mei 2020 - 20:12 WIB
Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang memenangkan gugatan 32 warga pemilik ruko Permata Cimone eks Borobudur di Jalan Raya Merdeka, Kelurahan Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten. (Ist)
SERANG - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Serang memenangkan gugatan 32 warga pemilik ruko Permata Cimone eks Borobudur di Jalan Raya Merdeka, Kelurahan Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Banten.

Putusan hakim PTUN yang diketuai Indra Kesuma Nusantara tersebut membatalkan 22 SHM dan 11 SHGB yang telah diperpanjang serta 25 SHGB yang tidak mendapat persetujuan perpanjangan oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten dalam surat keputusan Ka Kanwil BPN Provinsi Banten Nomor 01/PBTL/BPN.36/II/2018 tanggal 28 Februari 2018 lalu.

"Substansinya Bertentangan perundang-undangan, bertentangan dari segi asas-asas umum pemerintahan yang baik terkait kewenangan. Jadi, majelis hakim mempertimbangkan jika SK pembatalan sertifikat yang dikeluarkan Kakanwil Pertanahan Banten dibatalkan," ujar Kuasa Hukum warga Yan A. H. Simanjuntak, Kamis (14/5/2020).

Menurut Yan, warga menduga ada permainan antara PT. Purna Bhakti Jaya dengan pihak BPN/Kantor Pertanahan dalam penerbitan sertifikat-sertifikat warga tersebut. Hal itu dapat dibuktikan dengan beberapa warga telah meningkatkan status kepemilikannya dari SHGB ke SHM.

"Bahkan ada beberapa warga telah memperpanjang SHGB untuk 20 tahun kedepan, bahkan juga beberapa juga telah dibebankan Hak Tanggungan dan beberapa telah di roya oleh Kantor Pertanahan Kota Tangerang," ujarnya.

Lebih lanjut, BPN/Kantor Pertanahan sebagai instansi pemerintah yang mengurusi mengenai pertanahan tidak akan mungkin meloloskan dan menerbitkan sertifikat-sertifikat Warga diatas tanah Hak Pengelolaan.

"Dan yang harus menjadi pertanyaan besar kita bersama adalah kenapa penyelidikan baru dilakukan oleh BPN/Kantor Pertanahan pada akhir tahun 2017, sementara Warga telah memiliki sertifikat atas ruko/tanah sejak tahun 1995?, disinilah bukti adanya permainan kotor tersebut," tutupnya

Diketahui, pada November 2019 Pemkot Tangerang melakukan pengamanan aset di Permata Cimone, Karawaci, Kota Tangerang. Sebanyak 25 ruko dieksekusi atau dikosongkan oleh para petugas Satpol PP.

Eksekusi pengosongan lahan berdasarkan hasil keputusan dari Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten bahwa sertifikat hak guna bangunan (SHGB) ruko-ruko itu telah habis masa berlakunya. Sebab pengelolaan lahan sudah beralih ke Pemkot Tangerang setelah 25 tahun dikelola Pemkab Tangerang.
(nag)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content