Traffic Attitude Record, Inovasi Terbaru Polres Tulungagung

Selasa, 22 September 2020 - 17:02 WIB
Kapolres Tulungagung melalui Kasat Lantas Aristianto Budi Sutrisno menambahkan, selain untuk mendukung program pemerintah tentang single identity number, program TAR juga salah satu upaya menekan angka lakalantas.

Dia berharap sistem tersebut dapat membudayakan masyarakat tertib berlalu lintas. "Kita tekankan etika saat berkendara, yaitu saling menghargai sesama pengguna jalan lainnya," katanya.

Selain menekan angka kecelakaan lalulintas, dia juga berharap program tersebut dapat mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas. Menurut Aris, teknis penerapan program TAR melalui program E-Tilang yang sudah berlaku. Dengan demikian, semua pelanggar yang kena tilang secara otomatis datanya akan masuk ke sistem TAR yang juga disinkronisasi dengan data di SKCK.

"Untuk mengeceknya setiap anggota nanti kita bekali aplikasi di ponsel android. Kemudian tinggal memasukkan NIK atau nomor ranmor, otomatis keluar riwayatnya,” jelasnya. Cara mengetahui seseorang atau ranmor pernah melanggar apa, dimana, dan kapan saja, maka petugas bisa mengecek jenis pelanggarannya seberapa banyak yang tercatat. "Kalau jumlah pelanggarannya banyak, berarti yang bersangkutan ini memiliki perilaku berkendara yang kurang baik dan menjadi pertimbangan tersendiri bagi kami," paparnya.

Aris mengungkapkan, program tersebut diberlakukan setelah diluncurkan oleh Dirlantas Polda Jatim. "Program ini adalah pengembangan dari inovasi-inovasi sebelumnya, seperti TACS," terangnya.

Meskipun di Tulungagung belum menerapkan Electric Traffic Law Enforcement (ETLE) seperti layaknya di kota-kota besar, tetapi pihaknya optimistis program tersebut tetap bisa berjalan di Tulungagung.
(shf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More