Hasil Survei, Elektabilitas Willem Wandik-Aloysius Giyai Mencapai 64,1%

Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:44 WIB
Tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai menjadikan tingkat keterpilihan mereka melebihi 50% dibandingkan ketiga pasangan calon lainnya.

Pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai diharapkan oleh masyarakat Papua Tengah untuk menerima mandat dan memimpin pemerintahan Provinsi Papua Tengah dengan menjamin ketersediaan kebutuhan dasar bagi kehidupan rakyat.

Hal yang paling utama adalah perlindungan dan pengakuan terhadap hak asasi manusia (HAM), jaminan kepastian hukum, keamanan masyarakat, kesehatan, serta pendidikan yang berkualitas.

Mereka juga diharapkan dapat menyediakan pelayanan publik yang baik dan berkualitas. "Pelayanan publik yang efektif dan berorientasi pada masyarakat sangat penting untuk mewujudkan cita-cita kesejahteraan umum dan keadilan sosial, yang merupakan harapan masyarakat Papua Tengah sebagai provinsi baru," ujarnya.

Survei oleh Panel Survei Indonesia ini melibatkan sebanyaj 1.480 warga Papua Tengah yang dipilih dari populasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.128.844 pemilih. Responden tersebar secara proporsional di 740 titik TPS di delapan kabupaten, yaitu Kabupaten Nabire, Mimika, Dogiyai, Deiyai, Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, dan Paniai.

"Survei ini memiliki margin of error sebesar sekitar 2,55% dan tingkat kepercayaan 95%. Pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara tatap muka, dan jajak pendapat ini berlangsung dari tanggal 9 hingga 18 Oktober 2024," pungkasnya.

Sementara itu, pengamat ekonomi dari Indonesia Development Monitoring, Dedi Rohman menilai hasil survei ini menunjukkan bahwa masyarakat Papua Tengah lebih percaya kepada pasangan Willem Wandik dan Aloysius Giyai.

Ada empat persoalan utama yang harus diselesaikan oleh pemerintahan baru hasil Pilkada 2024, yaitu kemiskinan ekstrem, pengangguran, inflasi daerah, dan stunting.

"Pengalaman Willem Wandik sebagai Bupati selama dua periode dianggap sangat mumpuni untuk mengatasi masalah kemiskinan ekstrem dan pengangguran, yang diharapkan dapat berdampak positif pada penurunan inflasi," kata Dedi.

Selain itu, sebagai Gubernur Papua Tengah, Willem Wandik diharapkan mampu menarik minat calon investor untuk berinvestasi di Papua Tengah, yang akan berkontribusi pada pembukaan lapangan kerja dan penurunan tingkat kemiskinan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content