Kisah Airlangga Balaskan Dendam Kematian Mertua dan Kerajaan Mataram Akibat Serangan Sekutu Sriwijaya

Minggu, 06 Oktober 2024 - 07:04 WIB
Penyerangan ini membawa hasil gemilang, putri Panuda tewas di medan pertempuran. Sepeninggal putri Panuda, Airlangga kembali membangun istana baru di Kahuripan, mengingat istana lama yang berada di Wawatan Mas telah mengalami kehancuran imbas serangan putri Panuda.

Sesudah membuat istana baru, Kerajaan Kahuripan pun dibangun kembali. Airlangga mendapat bantuan dari Mpu Narotama bermaksud membalaskan dendam atas kematian mertua sekaligus pamannya Dharmawangsa Teguh saat memerintah Kerajaan Mataram Kuno yang dilakukan Haji Wurawari.

Misi ini pun berhasil, Haji Wurawari terbunuh oleh Airlangga dan menuntaskan dendam kematian yang menimpa Dharmawangsa Teguh, mertuanya. Selepas serangan ke Lwaram, Blora ini Airlangga juga berhasil menumpas pemberontakan Wijayamarma dari Wengker di tahun 1035 M.



Sejak saat itulah Airlangga berhasil memperluas wilayah kekuasaan Kahuripan yang membentang dari Pasuruan di sebelah timur hingga Madiun di sebelah barat. Di samping itu, wilayah kekuasaan Airlangga pun meluas hingga pantai utara Pulau Jawa, yakni Surabaya dan Tuban. Dimana kelak Tuban menjadi pusat perdagangan yang dapat menopang kehidupan ekonomi Kahuripan.
(kri)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content