Mengintip Bawomataluo, Desa Tradisional Nias Asal Lompat Batu yang Mendunia

Rabu, 02 Oktober 2024 - 12:58 WIB
Rumah adat besar Nias ini didirikan pada tahun 1865 dengan tidak menggunakan paku. Rumah ini merupakan rumah seorang raja pada masa dulu.

Di dalam rumah ini banyak ornamen hasil ukiran, mulai gambar kapal yang menurut sejarah gambar itu dibuat untuk menandakan bahwa VOC telah datang ke sana, ada juga gambar cicak dan sebagainya.

Selain itu, di sana juga ada topi sang raja yang disimpan dalam sebuah boks kaca.

Menurut sejarah, pada masa lalu saat dalam menyelesaikan sebuah masalah di wilayah setempat jika topi dibawa ke lokasi pembicaraan hal itu sudah menjadi simbol raja telah hadir.

"Saya ahli waris generasi kelima, keturunan raja. Rumah ini mulai didirikan pada tahun 1865, dalam setiap tahapannya disembelih babi. Dan rahangnya inilah yang dipajang," ucap Martinus Waarota Fau, keturunan kelima sang raja kepada iNews Media Group, Senin (2/10/2024).

2. Lompat Batu



Lompat batu tradisi Nias yang terkenal dan mendunia ini mempunyai sejarah tersendiri.Pada zaman dahulu, di Nias sering terjadi peperangan antar desa dan setiap desa mempunyai benteng masing-masing dengan pagar yang terbuat dari bambu runcing.

Sehingga, tokoh adat di sana membuat lompat batu sebagai latihan melompat. Bagi mereka yang bisa melompati batu tersebut maka dia dijadikan seorang prajurit yang siap bertempur melawan desa lain.

"Dulu sering ada peperangan, setiap desa dipagari dengan bambu runcing. Untuk bisa melewati pagar musuh, maka dibuatlah lompat batu sebagai latihan," ujar Martinus.

3. Ukiran seni dengan pahat



Sebagian mata pencaharian warga Desa Bawomataluo mengandalkan keahlian seni ukir. Ukiran kayu yang dibuat berbagai bentuk, mulai dari patung prajurit perang lengkap dengan tombak dan perisai, asbak dengan bentuk kura-kura, lompat batu sebagai gantungan kunci, dan lain-lain.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content