Festival Lek Nagroi, Tradisi Kearifan Lokal Warga Jambi dalam Kenduri Swarnabhumi 2024

Senin, 16 September 2024 - 11:40 WIB
Menurutnya, Ajun Arah bukan hanya seremonial biasa, tetapi memiliki nilai spiritual yang tinggi. ”Prosesi ini adalah wujud penghormatan kepada pemimpin adat dan leluhur, serta permohonan restu agar acara besar dapat berjalan dengan lancar,” jelas Hendri.

Kurator lokal Deki Syahputra menambahkan bahwaAjun Arahmengajarkan pentingnya menghargai restu dan persetujuan dari para tetua dalam setiap langkah kehidupan. Tantangan di era modern adalah menjaga keaslian prosesi ini di tengah perkembangan teknologi.



Meski begitu, Deki optimistis bahwa festival seperti ini akan terus menjadi penghubung antara masa lalu dan masa kini. Pada malam pembukaan Festival Lek Nagroi, penampilan tari kolosal tentang pembangunanMasjid Agung Pondok Tinggi.

Bangunan itu telah berdiri selama 150 tahun, berhasil memukau para penonton. Tarian ini disertai dengan prosesi tradisional lain, sepertiKaluhei Padua,Naheik Panau, danBacawih dan Mariwak.

Festival Lek Nagroi menjadi bagian dari 12 festival budaya yang diadakan dalam rangkaKenduri Swarnabhumi 2024, bertujuan untuk melestarikan budaya dan lingkungan di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Festival ini diharapkan menjadi pengingat pentingnya menjaga warisan budaya nenek moyang serta lingkungan hidup untuk generasi mendatang.

Kenduri Swarnabhumi berlangsung di 10 kabupaten/kota di Provinsi Jambi serta satu kabupaten di Dharmasraya, Sumatera Barat, dengan fokus pada hubungan penting antara kebudayaan dan pelestarian lingkungan, terutama sungai sebagai sumber kehidupan.
(ams)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content