Sejarah dan Isi Sumpah Palapa, Manifestasi Program Politik Gajah Mada di Kerajaan Majapahit

Rabu, 22 Mei 2024 - 08:22 WIB
Pada saat itu wilayah Kerajaan Majapahit sedang mengalami konflik saat terjadi pemberontakan ketika Majapahit menaklukkan wilayah Sadeng dan Keta.

Peristiwa tersebut berawal dari ulah Ra Kembar yang membuat marah Gajah Mada dan para menteri. Gajah Mada mendapat berita tentang pengepungan Sedeng yang dilakukan oleh Ra Kembar.

Sebagai seorang ksatria sejati yang sangat peduli terhadap negaranya, Gajah Mada kemudian mengabdikan diri untuk ikut serta melindungi Majapahit dari serangan-serangan luar. Di lain pihak, Patih Amangkubhumi Arya Tadah sedang menderita sakit parah.

Patih Amangkubhumi Arya Tadah merasa dirinya sudah tak mampu lagi menjalankan pemerintahan. Arya Tadah kemudian meminta Gajah Mada untuk menggantikan posisinya menjadi patih.

Pelantikan Gajah Mada menjadi patih tidak lepas dari pengabdian dan perjuangannya yang begitu besar kepada Majapahit.

Pelantikan Gajah Mada sebagai Mahapatih di Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kebijakan yang dibuat oleh Tribhuwana Tunggadewi. Kebijakan tersebut bertujuan untuk memperkuat kekuasaan kerajaan Majapahit.

Isi Sumpah Palapa



Setelah pengangkatan sebagai Mahapatih, Gajah Mada kemudian mengucapkan Sumpah Palapa di Balairung Istana di hadapan para pembesar Majapahit.

"Sira Gajah Mada Patih Amangkubhumi, sira Gajah Mada: 'Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa"

Artinya: Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin menikmati palapa (melepaskan puasa). Beliau Gajah Mada, "jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) menikmati palapa (melepaskan puasa).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content