Kementan Dorong Penumbuhan Petani Muda Potensial di Jawa Barat

Sabtu, 11 Mei 2024 - 08:17 WIB
”Setiap tahun kami datang dan berinteraksi langsung serta memonitor dengan rekan kerja dan pihak terlibat di dalam satu tim. Hari ini kami turun ke lapangan untuk bertemu dengan stakeholder di Jabar,” ucapnya.

Setelah meninjau progres program YESS, Hani pun menyebut pihaknya akan merencanakan peningkatan program yang saat ini baru berjalan di 5 provinsi dengan anggaran yang telah disiapkan pada periode berikutnya.

Pada kesempatan yang sama, Lead Procurement Advisor IFAD, Priscilla Torres mengapresiasi perkembangan petani muda dalam program YESS. Ia puas dengan perkembangan petani muda khususnya di Cianjur dengan pengawalan PPIU Jawa Barat.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti membeberkan, progress YESS berjalan dengan baik. Saat ini, program tersebut sudah berjalan mencapai 70-80 persen dari target. Di samping itu, anggaran realisasi program YESS juga sudah mencapai 60 persen.

”Kami akan terus melanjutkan beberapa poin yang belum mencapai target. Kami akan bekerja keras untuk itu. Sehingga di tahun 2025 ketika program YESS ini selesai bisa mencapai target,” ucap Santi.

Salah satu targetnya yakni dengan meningkatkan jumlah penerima manfaat dan jumlah petani milenial / petani muda. Lewat koordinasi intensif dan melibatkan kerja sama dengan banyak pihak sehingga lebih banyak anak muda bergabung ke program YESS.

”Target kami sampai 2025 adalah 220 ribu orang. Saat ini baru 190 ribu, masih ada 30 ribu orang lagi. Hal ini penting bagi petani muda sebab program YESS memberikan beberapa fasilitas dan kegiatan yang sangat berguna bagi pengembangan bisnis mereka,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Cianjur Nurdiati mendukung program ini hingga sukses, beliau berharap akan kelangsungan program ini, khusunya untuk daerah Cianjur.

“Kami sangat mendukung program ini terus berlangsung hingga sukses, program ini merupakan program terbaik yang telah dilaksanakan di daerah Cianjur,” tegasnya.
(ams)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content