Meski Mulai Diserang, Herwin Yatim Pilih Fokus Majukan Banggai

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 17:54 WIB
“Saya kira dugaan Pak Herwin Yatim melakukan pelanggaran Pemilu sudah diputuskan Sentra Gakumdu Pilkada Banggai sejak Mei lalu. Keputusannya, semua kita tahu, Sentra Gakumdu memutuskan untuk menghentikan laporan dugaan pelanggaran itu karena tidak memenuhi unsur pelanggaran Pemilu,” kata Muttaqin.

Akademisi UNTIKA itu mengatakan, wajar saja jika diangkatnya kembali isu tersebut memunculkan kesan bahwa Bawaslu ingin menjatuhkan Herwin untuk tidak mengikuti ajang perhelatan Pilkada 2020 mendatang. Oleh karena itu, di tahun politik, Muttaqin berharap Bawaslu bisa menjaga kredibilitasnya sebagai lembaga yang independen dan netral.

Menurut Muttaqin, soal rekomendasi TMS ini tentu bisa dibaca beragam tafsir. Dari perspektif politik sebagai permainan politik untuk menjegal petahana Herwin Yatim. Tafsir atau kesan semacam ini menjadi sulit disangkal Bawaslu karena ini tahun politik, apapun persoalan menjadi politis.

“Saya sangat berharap, Bawaslu menjaga marwah Lembaga pengawas pemilu yang berada di tengah, independen dan netral. Hal itu tentu baru bisa dilakukan jika Bawaslu mampu menjaga institusinya tidak termain di area politis,” kata dia berharap.
(nth)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More