5 Perbedaan Kerajaan Hindu dan Buddha, dari Sistem Kasta hingga Arsitektur Candi

Sabtu, 16 Desember 2023 - 16:41 WIB
Dalam Kerajaan Hindu, sistem pemerintahannya yang dianut cenderung bervariasi. Namun, banyak juga yang mengadopsi sistem feodal dengan raja sebagai penguasa tertinggi. Ini juga tak lepas dari sistem kasta yang dianut.

Sementara untuk Kerajaan Buddha, sistem pemerintahan juga dapat bervariasi, tetapi sering kali mencakup monarki yang dipimpin oleh seorang raja atau kaisar.

4. Penyebaran Geografis



Kerajaan Hindu banyak ditemukan di India dan Asia Tenggara, termasuk Kerajaan Chola di India Selatan dan Kerajaan Sriwijaya di Sumatera.

Sedangkan Kerajaan Buddha lebih mendominasi di Asia Timur dan Asia Tenggara, seperti Kerajaan Khmer di Kamboja dan Kerajaan Sukhothai di Thailand.

5. Seni dan Arsitektur



Kerajaan Hindu memiliki seni dan arsitektur yang dipengaruhi oleh epik dan mitologi Hindu. Candi-candi Hindu seperti Angkor Wat di Kamboja dan Prambanan di Indonesia adalah contoh seni Hindu yang indah.

Untuk Kerajaan Buddha, seni dan arsitekturnya mencerminkan ajaran Buddha. Contoh termasuk stupa dan kuil Buddha seperti Borobudur di Indonesia dan Wat Pho di Thailand.
(okt)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More