6 Fakta Gunung Semeru, Puncak Tertinggi di Jawa yang Jadi Tempat Kematian Soe Hok Gie

Selasa, 05 September 2023 - 11:45 WIB

3. Simpan Keindahan Danau Ranu Kumbolo



Danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl ini memiliki luas sekitar 15 hektare. Keindahan danau yang menjadi ikon Gunung Semeru ini menjadi salah satu alasan kebanyakan pendaki ingin menjelajah ke gunung berapi tersebut.

4. Tempat Ditemukannya Arca Kuno



Tidak hanya kaya akan keindahan, Gunung Semeru juga menyimpan sejarah katrena terdapat sepasang arca kuno yang merupakan perwujudan dari Dewa Siwa dan kerap direpresentasikan sebagai simbol penolak bala.



Lokasinya berada di ketinggian 3.002 mdpl. Ini menjadikan Gunung Semeru sebagai tempat tertinggi ditemukannya arca kuno.

5. Punya Legenda Menarik



Dalam kitab Tantu Panggelaran dikisahkan Batara Guru (Shiwa) memerintahkan dewa Brahma dan Wisnu untuk mengisi pulau Jawa dengan manusia. Karena saat itu Jawa masih terombang ambing, Dewa Wisnu berencana untuk memindahkan Gunung Mahameru di India ke Jawa sebagai paku supaya pulau tersebut tetap berada di tempatnya.

Wisnu kemudian menjadi raja yang pertama yang berkuasa di pulau Jawa dengan nama Kandiawan. Ia mengatur pemerintahan, masyarakat, dan keagamaan. Dari sinilah Gunung Semeru dipercaya sebagian masyarakat Hindu dari Bali sebagai ‘Bapak’ dari Gunung Agung.

6. Menyimpan Banyak Kasus Kematian Pendaki



Sepanjang tahun 2015-2018 tercatat ada 13 kasus kecelakaan pendakian terjadi di Gunung Semeru dari total 75 kejadian. Kecelakaan paling sering terjadi adalah pada tahun 2015 dengan 6 kasus.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More