Ingin Jadi Netizen Berakhlak, Komunitas Kemulan Cinta Masjid Trenggalek Ikuti Literasi Digital

Minggu, 02 Juli 2023 - 15:42 WIB
”Cegah hoaks dan informasi sesat dengan cara evaluasi kredibilitas informasi, gunakan logika, periksa fakta sumber dan situs resmi, serta sebarkan informasi yang valid,” pesannya.

Selanjutnya, narasumber Direktur LKP Mitra Ilmu Tulungagung Khotibul Umam menjelaskan beberapa hal untuk menjadi netizen berakhlak mulia. Yakni, dengan memanfaatkan gawai untuk hal yang positif, buat konten-konten yang menarik, menginspirasi, mendidik, dan bermanfaat untuk netizen lainnya.

”Kemudian, berhati-hati dalam bersikap dan bertutur serta mengunggah gambar, teks, video, dan komentar status di dunia maya. Jangan lupa selektif dan cermat dalam menerima informasi,” tegas Khotibul Umam.

Sementara itu, menurut pelatih Pusdiklatcab Tulungagung Mohamad Subaweh, menjadi netizen berakhlak mulia bisa diraih dengan cara menggunakan media sosial yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

”Berkomentar positif pada keragaman agama, kemanusiaan. Posting dan komentar yang menguatkan persatuan, demokrasi, keadilan, kesetaraan, kebersamaan, dan kesejahteraan tanpa memandang perbedaan,” saran Mohamad Subaweh.
(don)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More