Cerita Penjual Sapi Limosin Pesanan Presiden Jokowi: Si Markoci Lolos Seleksi dan Karantina

Jum'at, 30 Juni 2023 - 12:46 WIB
Tak hanya presiden, aktor Baim Wong juga pernah membeli 9 ekor sapi di peternakannya. Jenisnya sapi limousin dan simental. Peternakannya ada di Kelurahan Cisurupan, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung.

Sudah 10 tahun Vandry bergelut di dunia ternak. Ia mulai dengan berternak domba, kemudian merambah ke sapi. Usaha dombanya ia jalani selama 2 tahun, setelah itu baru lanjut ke sapi.

“Sekitar 7 tahun berarti kita sudah beternak sapi. Semuanya mulai dari awal. Dulu sempat kerja di perbankan. Lalu resign, kemudian lanjut usaha peternakan,” ungkapnya.

Tahun ini, ada 330 ekor sapi yang tersedia di kandang seluas 5.000 meter persegi. Sedangkan domba sebanyak 3.200 ekor yang ditampung di kandang seluas 2,5 ha. Semua ada di peternakan Cibiru.

Menurut dia, bibitnya ternak dia peroleh dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memang populasi sapi jenis simental dan limousinnya lebih banyak daripada di Jawa Barat.

Selain sapi besar, Vandry juga menjual sapi Parahyangan atau rancah. Lalu, dua jenis domba yakni domba Priyangan dan Garut.

”Kisaran harga domba betina mulai dari Rp1,4 juta. Sedangkan domba jantan Rp2,2 juta. Kalau untuk sapi dimulai dari harga Rp18 juta dan spai limosin mulai dari Rp80 juta,” sebutnya.

Dia berharap, semakin banyak orang terjun ke dunia peternakan. Selain bidang ini sangat menjanjikan, kebutuhan daging di Bandung juga belum seluruhnya terpenuhi sampai saat ini.

“Ini merupakan salah satu upaya kita untuk memenuhi ketahanan pangan Kota Bandung,” imbuhnya.
(ams)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More Content