Tes SKB CPNS Direncanakan Berlangsung Selama Seminggu

Selasa, 21 Juli 2020 - 07:00 WIB
Diketahui, pada saat pelaksanaan SKD CPNS lingkup Pemprov Sulsel 1.862 peserta berhasil mencapai passing grade. Jumlah inilah yang dianggap akan maju pada tahapan selanjutnya yakni SKB.

Pemprov Sulsel pada seleksi CPNS tahun 2019 lalu menerima kuota 195 formasi. Formasi ini terdiri atas formasi khusus cumlaude dengan alokasi 4 formasi, sedangkan khusus disabilitas sebanyak 4 formasi pula. Sementara formasi umum, ada 187 formasi yang terdiri dari tenaga kesehatan 74 formasi, tenaga teknis 113 formasi.

Sementara Kepala Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar, Harun Arsyad mengaku, pihaknya akan segera menginventarisir semua instansi daerah, termasuk di Sulsel, yang sudah melaksanakan SKD. Hal ini berdasarkan edaran dari Kemenpan-RB sebelumnya.

Selain itu, penyiapan lokasi di tiap daerah tetap jadi perhatian. Sesuai arahan pusat, pelaksanaan lokasi tes SKB tidak terlalu jauh dari domisili peserta. Hal ini untuk menghindari mobilisasi peserta.

"Kita harapkan nanti peserta ini akan ujian mengikuti seleksi SKB berdasarkan domisilinya. Sehingga tidak ada mobilisasi peserta. Jadi mengurangi mobilisasi peserta, mengurangi perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lain," tutur Harun.

Meski begitu, rencana ini masih akan dirapatkan. Pihaknya baru akan melakukan rapat koordinasi dengan pusat. Penyesuaian masih bisa dilalukan. Apalagi kata Harun, pihaknya kuga menyiapkan lokasi tes di Kanreg IV BKN Makassar, bagi pemerintah daerah di Sulsel yang belum bisa melaksanakan tes SKB secara mandiri.

"Kita sudah melihat beberapa diserah yang tidak bisa menyelenggarakan sendiri. Mereka mau bawa pesertanya ke kantor regional. Ada beberapa daerah yang minta, termasuk Pinrang, Pangkep, mungkin Luwu Utara juga. Karena mungkin kondisi lagi habis dilanda bencana alam, mungkin akan kesitu (kanreg). Tapi teknisnya belum dipastikan," tandas dia.

Dalam kurun waktu Juli-Agustus, BKN IV Makassar akan memastikan pendataan di tiap daerah ini. Hal ini juga akan menjadi acuan terkait waktu yang diberikan ke tiap daerah untuk pelaksanaan SKB, mempertimbangkan jumlah peserta masing-masing. Baca Lagi : Pengumuman! Tahun Ini Tidak Ada Rekrutmen CPNS

"Intinya bagi kami penyelenggara, itu tadi, kita inventarisir instansi daerah dimana dia akan melaksakan. Apakah co-sharing atau mandiri. Kemudian peserta-peserta nanti kita akan terbitkan kartu ujian baru bagi mereka yang berdasarkan wilayahnya," jelas Harun.
(sri)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More