Ribuan Warga Meriahkan Parade Budaya

Senin, 04 Mei 2015 - 13:05 WIB
Ribuan Warga Meriahkan Parade Budaya
Ribuan Warga Meriahkan Parade Budaya
A A A
SURABAYA - Parade Budaya dan Pawai Bunga yang digelar mulai dari kawasan Tugu Pahlawan hingga Taman Surya dan berlanjut hingga ke Jalan Darmo Kota Surabaya kemarin, mampu menyedot perhatian ribuan warga dan wisatawan.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengakui Parade Budaya dan Pawai Bunga 2015 lebih semarak dibandingkan tahun sebelumnya, di antaranya dari jumlah peserta yang meningkat. “Jumlah peserta yang ikut berpartisipasi mencapai 87 peserta. Jumlah itu naik 100% dibanding tahun sebelumnya,” ujar Risma di sela acara bertema "Semarak Surabaya Dalam Keberagaman Budaya" itu.

Tri Rismaharini lebih lanjut mengatakan agenda seperti ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Surabaya, yang muaranya adalah untuk semakin menghidupkan denyut perekonomian di Kota Pahlawan. Apalagi, Surabaya tidak memiliki banyak potensi wisata alam yang menjual keindahan seperti daerah lainnya.

“Sebetulnya ini (parade budaya dan pawai bunga) bagian dari upaya kita untuk menghidupkan perekonomian di Surabaya. Kita memerlukan momen untuk adanya bangkitan pendatang melalui kegiatan seperti ini,” katanya. Peserta Parade Budaya dan Pawai Budaya tersebut tidak hanya dari Kota Surabaya tetapi juga dari daerah lain. “Tahun ini lebih ramai dibanding tahun lalu.

Mobil hiasnya juga lebih kreatif,” kata warga Bulak Banteng Anton, yang datang ke Taman Surya bersama istrinya. Anton berharap dari tahun ke tahun Parada Budaya dan Pawai Bunga ini semakin bagus dan tidak kalah dengan yang ada di kota lain atau bahkan dari negara lain. “Lebih kreatif lagi, sehingga dari tahun-tahun ke tahun tampilannya selalu berbeda,” katanya.

Parade Budaya dan Pawai Bunga dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Surabaya ke-722 tersebut, disebut-sebut mirip "Rose Parade Pasadena" kali ini pertama kali diselenggarakan pagi hari, tidak sore hari seperti sebelumnya. Warga Surabaya dan luar kota, termasuk wisatawan mancanagera, terlihat antusias menyaksikan iring-iringan mobil hias dengan desain aneka rupa.

Tarmuji talmacsi/ant
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3716 seconds (0.1#10.140)