Sensasi Es Krim Goreng Aneka Rasa

Rabu, 15 April 2015 - 10:04 WIB
Sensasi Es Krim Goreng Aneka Rasa
Sensasi Es Krim Goreng Aneka Rasa
A A A
SURABAYA - Es krim bisa dikreasi dengan cara memasak daripada yang lain. Kini penikmat es krim bisa mencoba es krim goreng kreasi Pique Nique.

Salah satu restoran di Grandcity Mall ini menyajikan tiga rasa es krim goreng yang sayang dilewatkan. Bahkan, es krim ini juga menjadi favorit untuk dessert . Menurut Chef Agus Dwi Purbowo, es krim kebanyakan hanya ditampilkan sederhana dengan cara dimasak lewat wajan freezer atau sejenisnya. Selain itu, tampilannya juga kurang menunjukkan kalau digoreng.

Berbeda dengan Pique Nique, memang benar-benar digoreng dengan minyak panas. ”Es krim kami yang spesial itu karena benar-benar digoreng dalam minyak panas. Tapi, es krimnya saat digoreng tidak leleh,” kata Agus, kemarin. Es krim goreng ini mempunyai tiga rasa, yakni vanilla , stroberi, dan coklat. Dari tiga rasa tersebut yang menjadi favorit pengunjung adalah vanilla .

Rasanya yang lembut dan baunya khas membuat es krim goreng vanilla banyak dicari penggemar es krim. Apalagi terdapat kombinasi kulit pangsit goreng untuk lapisan luarnya sehingga ketika dimakan akan memberi sensasi renyah di bagian luarnya. Agus mengungkapkan, proses pembuatan es krim goreng ini cukup sederhana sehingga tidak perlu menunggu lama.

Es krim yang sudah jadi tinggal dibentuk bulat ukuran sekop kemudian didiamkan dalam freezer . Jika hendak dimasak cukup mengambil es krim yang sudah tercetak itu kemudian dilapisi dengan cookis cacah dan kulit lumpia. Cookis cacah ini adalah kue-kue kering yang dihaluskan.

Es krim ditutup dengan cookis ini sebagai lapisan pertama dan selanjutnya diberi lapisan kulit lumpia. Tahap akhir, yakni tinggal digoreng dengan minyak sangat panas. Proses menggorengnya pun hanya beberapa menit saja sampai kulit lumpia menjadi berwarna kecokelatan. ”Menggorengnya harus dengan minyak yang sangat panas karena hanya dicelup sebentar, dua lapisan ini membuat es krim di bagian tengahnya tidak leleh ketika digoreng,” ujar Agus.

Spesialnya, es krim ini tidak hanya berisi es krim, tetapi bagian atasnya atau toping juga diberi saus aneka rasa, seperti saus coklat, markisa, dan stroberi. Setelah selesai digoreng maka saus bisa dituangkan sesuai selera dan pilihan. Dessert satu ini biasanya cocok dikonsumsi setelah memakan, seperti kuliner lamp chop yang isiannya berupa daging kambing.

Sebab akan memberi kesegaran tersendiri di lidah mengingat es krim goreng ini juga tetap dingin layaknya es krim kebanyakan, hanya yang membedakan adalah luarannya.

Mamik wijayanti
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6463 seconds (0.1#10.140)