Dishutbun Siapkan Benih Tembakau Unggul

Senin, 30 Maret 2015 - 11:50 WIB
Dishutbun Siapkan Benih Tembakau Unggul
Dishutbun Siapkan Benih Tembakau Unggul
A A A
PAMEKASAN - Sebagai salah satu sentra penghasil tanaman tembakau, Kabupaten Pamekasan mempunyai kiat tersendiri jelang menghadapi masa tanam.

Salah satunya dengan menyediakan benih tembakau dengan varietas lokal yang mempunyai keunggulan sesuai dengan permintaan pabrik. Setidaknya dalam masa tanam tembakau tahun 2015 ini, pemerintah kabupaten (pemkab) setempat melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) telah menyediakan 400-500 kilogram (kg) benih tembakau untuk kelompok tani (poktan).

Benih tersebut diharapkan segera didapat dan kemudian ditangkar menjadi bibit tembakau unggul. Tidak hanya menunggu petani tembakau beraksi, Dishutbun juga sudah mempunyai lima lokasi penangkaran benih tembakau yang keberadaannya diawasi langsung oleh pihak setempat.

Kelimanya berada di Kecamatan Galis, Pakong, Larangan, dan dua lainnya di Kecamatan Kota Pamekasan. “Sejumlah pabrikan menginginkan tembakau asli Madura pada masa panen tahun 2015. Untuk itu, kami siapkan benih dengan kualitas tinggi,” ujar Kepala Bidang Perkebunan Dishutbun Kabupaten Pamekasan, Harto.

Dia menyatakan, pihaknya saat ini menyediakan benih tembakau untuk kelompok tani (poktan) yang menangkarkan bibit. Diharapkan nanti segera dipergunakan dengan baik sehingga bisa membantu petani untuk menanam tembakau lokal yang dikehendaki pabrik. Jenis benih yang akan dikembangkan, menurutnya, mempunyai varietas 95 yang merupakan unggulan dan sesuai dengan keinginan pabrik tembakau.

Dengan varietas itu, dia menginginkan semua petani bisa segera memanfaatkan adanya ketersediaan benih yang difasilitasi dinas terkait. “Kalau varietas yang digunakan unggul, jadi tidak ada alasan lagi bagi pabrikan untuk tidak mengambil hasil panen tembakau milik petani,” ujarnya.

Harto menambahkan, untuk masa awal tanam tembakau diperkirakan akan sesuai dengan prediksi. Sebabsetidaknya pertengahan April nanti yang diprediksi sudah memasuki musim kemarau, sehingga bisa membantu kalangan petani untuk segera memulai tanam tembakau dengan benih unggul. “Mudahmudahan masa tanam bisa sesuai dengan prediksi sehingga petani bisa menanam tembakau tepat waktu,” ucapnya.

Terpisah, petani tembakau asal Kecamatan Pademawu, Pamekasan, Hasan menyatakan, ketersediaan benih tembakau berkualitas dan sesuai permintaan pabrikan sangat diharapkan keberadaannya oleh petani. Itu semua harus ditunjang dengan harga yang relatif terjangkau.

“Kalau tersedia dengan jumlah banyak, tapi mahal ya sama saja menyusahkan petani. Apalagi untuk memulai masa tanam juga butuh modal besar,” ucapnya.

Subairi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4273 seconds (0.1#10.140)