Kongsi Sambari-Qosim Terancam Pecah

Rabu, 25 Maret 2015 - 13:58 WIB
Kongsi Sambari-Qosim Terancam Pecah
Kongsi Sambari-Qosim Terancam Pecah
A A A
GRESIK - Kemesraan Bupati Gresik Sambari Halim dan Wakil Bupati M Qosim terancam berakhir di Pilkada 2015. Meski sempat dijanjikan bakal digaet Sambari untuk kembali maju bersama, namun posisi M Qosim belum sepenuhnya aman.

Partai Golkar Gresik sebagai induk partai Sambari Halim memunculkan dua nama baru sebagai bakal calon wakil bupati (bacabup). Dua nama pesaing M Qosim sebagai bacabup adalah Ahmad Nurhamim, Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Gresik dan Ketua Kerukunan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia (KUKMI) Gresik Sunaryo.

Pemunculan nama-nama pendamping Sambari ini merupakan hasil rapat internal dari tim penjaringan bacabupbacawabup Partai Golkar Gresik. Dalam rapat yang digelar tertutup tersebut disepakati jika posisi bacabup dimunculkan nama tunggal yakni Sambari Halim Radianto. Sementara untuk posisi bacawabup dimunculkan tiga nama.

Informasi yang beredar berdasarkan masukan dari 18 pimpinan kecamatan (PK), pengurus DPD Golkar dan beberapa organisasi sayap maupun pendiri, nama Ahmad Nurhamim menguat. Para kader beringin ingin pendamping Sambari muncul dari internal partai. “Kami ingin mas Nur (Nurhamim, red). Selain layak, juga biar kaderisasi kepemimpinan di internal Golkar tidak putus,” ujar salah satu ketua PK kawasan kota kemarin.

Sebagai bentuk keseriusan para pimpinan PK, DPD maupun organisasi sayap, dimunculkan tagline pasangan Sambari Halim Radianto-Ahmad Nurhamim yaitu S-A. Bahkan, tagline tersebut sempat berkalikali muncul di jejaring sosial. “Gak perlu khawatir. Meski sesama kader Golkar, tidak perlu koalisi. Sebab, di DPRD Gresik kami mendapat sebelas kursi,” tandas ketua PK tersebut.

Peluang Ahmad Nurhamim cukup besar karena penentuan pasangan murni kewenangan DPP melalui masukan dari DPD Partai Golkar Jatim. Saat ini DPP PG yang mendapat rekomendasi Menkumham adalah kubu Kongres Ancol atau Agung Laksono sebagai ketua. Ahmad Nurhamim dikenal dekat dengan Eni Maulani Saragih, Bendahara FPG DPR RI versi Agung Laksono.

Ahmad Nurhamim yang dikonfirmasi memang mengakui ada desakan kuat yang menginginkan dirinya maju mendampingi Sambari. Meski demikian, pihaknya menolak berkomentar dan memasrahkan diri kepada mekanisme partai. “Memang muncul tiga nama untuk posisi bacawabup. Yang pasti untuk bacabup 100% kader memilih Sambari Halim Radianto. Kalau saya menyerahkan keputusan kepada DPD Jatim terkait penentuan rekomendasi,” ucapnya.

Mengenai pengiriman nama- nama ini dilakukan awal April mendatang. Saat ini tim penjaringan masih menunggu pendaftar dari eksternal pada 26-31 Maret mendatang. Setelah itu, seluruh nama dikumpulkan untuk dikirim ke Jatim. “Setelah penjaringan nanti akan dilakukan survei terhadap calon-calon yang sudah muncul. Prosesnya masih panjang, kami akan lakukan secara terbuka agar diketahui masyarakat,” kata Nurhamim.

Ashadi ik
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6760 seconds (0.1#10.140)