Sedikit Berbuat Banyak Manfaat

Selasa, 24 Maret 2015 - 11:46 WIB
Sedikit Berbuat Banyak Manfaat
Sedikit Berbuat Banyak Manfaat
A A A
SURABAYA - Sedikit berbuat memberi banyak manfaat. Prinsip ini yang diugemi puluhan siswa SMP Muhammadiyah 11 Surabaya.

Mereka yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Cabang SMP Muhammadiyah 11, turun ke jalan di pertigaan Jalan Demak atau pertigaan Mbah Ratu. Ini dilakukan untuk memaknai Hari Meteorologi Sedunia yang jatuh pada 23 Maret.

Selama di kawasan jalan yang identik dengan kepadatan dan tidak jarang disertai kemacetan itu, mereka membentangkan poster bertuliskan Ayo Matikan Mesin Saat Lampu Merah . Di antara mereka ada yang menghampiri pengendara dan pengemudi untuk menyampaikan pesan tersebut. Banyak dari sekian pengguna jalan yang mematikan mesinnya walau sejenak.

Tidak jarang pula yang memilih diam, tidak mengindahkan pesan yang diusung IPM. ”Bagi kami tidak apa-apa saat ada pengendara yang tetap menyalakan mesin ketika lampu merah. Tapi setidaknya pesan sudah disampaikan. Ini demi anak cucu kita kelak. Dengan mematikan mesin saat lampu merah, kita semua bisa mengurangi potensi kerusakan lapisan ozon,” ujar Putri Septiana, siswi kelas VIII SMPMuhammadiyah 11 Surabaya, di sela aksi.

Selain membentangkan poster, siswa yang mengenakan masker ini juga membagikan banyak lembaran stiker. Selamatkan Lapisan Ozon adalah pesan yang tertera pada stiker tersebut. ”Kegiatan ini diikuti 50-an siswa berikut sepuluh sukarelawan. Kalau banyak kendaraan mematikan mesin saat lampu merah di semua lampu merah di dunia, tentu akan memberi manfaat besar.

Sedikit berbuat tapi memberi banyak nilai manfaat,” ucap Humas SMP Muhammadiyah 11 Surabaya, Yudi Mahendrajan, yang juga pendamping Gerakan Selamatkan Iklim dan Ozon di sekolahannya.

Soeprayitno
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7173 seconds (0.1#10.140)