Mukena 3 in 1 Terinspirasi Timur Tengah

Jum'at, 20 Maret 2015 - 10:28 WIB
Mukena 3 in 1 Terinspirasi Timur Tengah
Mukena 3 in 1 Terinspirasi Timur Tengah
A A A
SURABAYA - Mukena mulai banyak dimodifikasi. Jika dulu hanya berbahan kain satin dengan model sederhana berupa atasan dan bawahan, sekarang sudah mulai berubah.

Salah satunya seperti mukena rancangan Lita Berlianti yang berbeda dari jenis mukena kebanyakan. Mukena rancangan Lita tampil sedikit glamor dengan warna-warna lembut. Misalnya, mukena berwarna dusty pinkdan crem yang dikenakan Asti, seorang model. Mukena yang biasanya hanya satu macam warna, tapi dikombinasikan dengan dua warna berbeda.

Sekilas apabila melihat mukena ini mungkin berpikir busana muslim karena tampilannya cantik. Padahal mukena ini sengaja didesain agar tidak hanya untuk ibadah, tapi juga acara tertentu. Awalnya mukena rancangan Lita ini hanya dipesan pelanggan yang mau menikah. Mengingat bentuknya unik, yakni 3 in 1 terdiri dari hijab, atasan, dan bawahan.

“Mukena ini adalah mukena modifikasi 3 in 1. Dulu sering banyak pesanan yang akan dipakai untuk mahar. Dari situlah akhirnya terus berkreasi dan berkembang,” kata Lita saat dijumpai di lokasi butiknya yang ada di kawasan Jalan BKR Pelajar Surabaya. Mukena 3 in 1 ini juga tergolong unik karena di bagian dada ditambah beberapa detail, seperti beed yang sedikit berkilau atau bunga-bunga timbul sehingga tampilan mukena makin indah.

Ia mengaku saat mendesain mukena tersebut terinspirasi dari busana syari khas Timur Tengah. Untuk desain, Lita sengaja memisahkan bagian hijab, atasan, dan bawahan, supaya mudah diganti. “Biasanya kalau sedang berpergian dan waktunya salat sudah tiba, tapi masih di dalam mobil maka cukup pakai atasan dan bawahan mukena saja sudah bisa salat karena hijabnya sudah ada,” ujarnya.

Mukena ini, kata dia, dalam tiga tahun terakhir tidak hanya dipesan masyarakat yang ingin menikah sebagai mahar. Namun, juga banyak dipesan untuk calon jamaah haji atau umrah. Lita menjelaskan, biasa orang yang mau naik haji atau umrah memesan mukena 3 in 1 rancangannya karena lebih fashionable.

Selain itu, memenuhi mukena yang wajib digunakan ketika sedang beribadah, yakni menutup semua aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Kemudian dengan memakai mukena ini tentu saat foto di Tanah Suci semakin bagus. Apalagi bawahan mukena 3 in 1 juga bisa dikombinasikan dengan busana lain sehingga bisa digunakan untuk jalan-jalan.

Mukena rancangan Lita juga muncul dalam berbagai model. Selain seperti yang terlihat dipakai Asti berwarna crem dan dusty pink, ada pula koleksi lain tidak kalah menarik, yakni soft dan motof floral atau bunga-bunga. Misalnya, krem dan ungu lavender, mukena ini juga tampak anggun dengan perpaduan dua warna lembut itu.

Bahkan, diberi tambahan beed dan brokat putih justru membuat mukena ini tampil beda dari mukena kebanyakan. Selain itu, di bagian hijab juga diberi aksesori, seperti bunga-bunga untuk bagian samping.

Mamik wijayanti
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6740 seconds (0.1#10.140)