Kulit Putih Belum Tentu Sehat?

Minggu, 01 Maret 2015 - 11:31 WIB
Kulit Putih Belum Tentu Sehat?
Kulit Putih Belum Tentu Sehat?
A A A
SURABAYA - Selama ini orang menganggap kulit putih adalah kulit sehat. Padahal tidak demikian. Menurut Aestetic Konsultan dokter Kismed Denhas Zulkarnain, kulit yang sehat adalah kulit yang secara tampilan tidak ada pigmentasi.

Warnanya cerah, tidak terlalu berminyak maupun kering dan tentunya kulit sehat tidak harus selalu putih. ”Kulit hitam pun kalau sehat justru tampak eksotik. Jadi ukuran warna kulit kalau lebih putih pasti sehat itu salah, kulit hitam pun juga sehat,” katanya dalam acara Clarity : Skin Vs Diamond bersama Frank & Co di Miracle Kertajaya Indah kemarin. Dokter yang sudah setahun membuka praktik di Miracle tersebut menjelaskan beberapa gangguan kesehatan kulit.

Misalnya bintik atau flek, memang sering terjadi pada perempuan. Namun bukan berarti kulitnya sama sekali tidak sehat, tapi kurang sehat saja. Penyebabnya bisa jadi faktor genetik atau keturunan, bisa juga karena iklim dan sinar matahari. ”Gangguan kulit yang umumnya dikeluhkan oleh perempuan selama ini paling banyak gangguan seperti jerawat, flek hitam dan penuaan.

Biasanya keluhan penuaan ini seperti timbulnya kerutan atau munculnya otot pada permukaan kulit wajah,” ujar dokter Kismed. Timbulnya flek hitam sendiri kadang tidak hanya faktor keturunan namun juga lingkungan. Karena itu sebaiknya hindari paparan sinar matahari secara langsung karena sinar matahari mengandung UV A dan UV B.

Di mana sinar UV A adalah sinar matahari yang memberi efek penuaan dini sedangkan UV B membuat kulit terbakar. Sebaiknya jika beraktivitas di luar ruangan, dokter Kismed menyarankan penggunaan sunblock sebagai langkah awal pencegahan penuaan dini dan munculnya flek hitam pada wajah. Untuk perawatan sebaiknya memang menggunakan krimkrim supaya kulit juga tampak bersih dan bisa mengurangi timbulnya jerawat.

Apalagi penggunaan krim ini juga bisa digunakan oleh perempuan di bawah 17 tahun asal dengan pengawasan. Mengingat sistem hormon seorang perempuan kadang berbeda. Presiden Direktur Miracle Aesthetic Clinic Group dr Lanny Juniarti menambahkan, pihaknya mempunyai beberapa perawatan dan produk yang bertujuan untuk menjadikan kulit wajah sehat dan cerah untuk penampilan yang sempurna.

Beberapa perawatan tersebut, yakni miracle babyshine perfection, high potency peel, pearl shine facial, body hydrapeel, danmasihbanyaklagi. ”Acara ini kami sengaja mengajak Frank & Co untuk bekerja sama karena nilai clarity biasanya juga identik dengan berlian, selain itu memang Frank & Co juga memiliki nilai-nilai budaya yang sejalan dengan miracle seperti kreativitas, kualitas, inovasi, dan integritas,” ujarnya.

Mamik wijayanti
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4268 seconds (0.1#10.140)