Perahu Nelayan dihantam Ombak, 1 Orang Hilang

Selasa, 24 Februari 2015 - 11:09 WIB
Perahu Nelayan dihantam Ombak, 1 Orang Hilang
Perahu Nelayan dihantam Ombak, 1 Orang Hilang
A A A
PASURUAN - Cuaca buruk di Perairan Selat Madura masih menghantui nelayan di pesisir pantai utara. Sebuah perahu nelayan asal Pasuruan pecah dan terbalik setelah dihantam gelombang setinggi tiga meter.

Dari lima orang penumpang, empat orang berhasil diselamatkan perahu nelayan lainnya dan seorang hilang. Peristiwa nahas ini terjadi di Perairan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Hingga saat ini proses pencarian nelayan hilang yang melibatkan petugas Polairud dan BPBD Kota dan Kabupaten Pasuruan masih terus berlangsung.

Seorang nelayan yang dinyatakan hilang, yakni Eko Febrianto, 31, warga Jalan Halmahera Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan. Sementara empat orang korban selamat, yaitu Efendi, 31, warga Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Randusari, Kecamatan Gadingrejo; Erfan, 20, warga Desa Bendungan, Kecamatan Kraton; Teguh, 20, warga Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Panggungrejo; dan pemilik perahu, Sukirman, 63, warga Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Peristiwa nahas ini terjadi pada Minggu kemarin. Para nelayan ini berangkat melalui muara sungai di Kelurahan Tapaan, Kota Pasuruan. Setelah berada di tengah laut Perairan Lekok, cuaca tiba-tiba berubah menjadi tidak bersahabat. Saat mereka memutuskan kembali pulang, perahu yang ditumpanginya dihantam gelombang pasang hingga pecah dan terbalik.

“Waktu kami berangkat cuaca cukup cerah, tapi beberapa jam kemudian cuaca berubah mendung. Kami memutuskan pulang. Di tengah jalan, perahu dihantam ombak besar sehingga terbalik,” kata Sukirman, seorang korban selamat. Beruntung, saat kejadian ada perahu nelayan lain yang berada di sekitar lokasi sehingga bisa memberikan pertolongan.

Namun, seorang di antaranya tidak diketahui keberadaannya. Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan, Gangsar Sulistyo menyatakan, pihaknya bersama Tim Basarnas dibantu Polairud berusaha mencari korban hilang di sekitar lokasi kejadian. Namun hingga kemarin petang, tim penyelamat belum berhasil menemukan nelayan nahas tersebut.

Arie yoenianto
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7152 seconds (0.1#10.140)