Kain Songket juga Cocok untuk Imlek

Kamis, 19 Februari 2015 - 11:27 WIB
Kain Songket juga Cocok untuk Imlek
Kain Songket juga Cocok untuk Imlek
A A A
SURABAYA - Busana Imlek tidak melulu menggunakan motif naga atau bunga serta penggunaan warna merah.

Kini busana perayaan Tahun Baru China tersebut mulai ada tren baru menggunakan warna cerah, semisal hijau dan biru.Tren baru tersebut bisa dilihat dari hasil karya desain Natalie Soetjipto. Bahan yang dipilih pun berupa kain songket dengan berbagai motif. Natalie sengaja memasukkan kain tradisional dalam koleksi busana imleknya karena dia ingin tampil beda, sekaligus mengangkat kain warisan Nusantara supaya makin berkembang.

“Indonesia kan kaya bahan kain, tidak hanya songket, tapi tenunnya juga bagus- bagus. Karena itu, kali ini untuk Imlek, saya sengaja membuat busana yang rata-rata berbahan kain songket,” ucapnya. Koleksi sebanyak 32 busana ini rata-rata menggunakan kain songket dari penjuru Nusantara. Natalie mengemas busana ini menjadi busana Imlek yang anggun dengan memadukan unsur budaya China dan Indonesia.

Terlihat dari potongan tiap busana masih menggunakan model cheongsam tetapi bahan kain merupakan asli tradisi Indonesia. Misalnya, untuk busana berwarna biru dan sedikit merah tua dengan perpaduan motif emas justru terlihat elegan. Ditambah payet tulle dan batuan swaroski pada bagian dada sehingga terlihat menyala ketika dikenakan dalam gelap. Potongan kerahnya model shanghai tapi bagian rok justru memanjang dengan sedikit lipatan-lipatan.

Berbeda lagi dengan busana warna hijau dengan bawahan rok model klok selutut, justru perpaduan unsur budaya China dan Indonesia terlihat dari motifnya yang ciri khas bunga teratai, sedangkan jenis kainnya tetap songket. Busana berwarna hijau ini tidak hanya didesain dalam satu model.

Mamik wijayanti
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6532 seconds (0.1#10.140)