Pengusaha Jepang Tanam Pohon di TSI Prigen

Senin, 09 Februari 2015 - 14:28 WIB
Pengusaha Jepang Tanam...
Pengusaha Jepang Tanam Pohon di TSI Prigen
A A A
PASURUAN - Sejumlah pengusaha asal Jepang yang tergabung dalam Tomioka Kabura Rotary Club menanam pohon untuk pelestarian hutan di kawasan Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Gerakan penghijauan ini sebagai bagian kampanye konservasi dan edukasi bagi masyarakat melalui kerja sama sister park dengan Gunma Safari Park. Pada kesempatan itu, seekor gajah TSI Prigen diberi kesempatan menyerahkan secara simbolis bibit trembesi (albizia saman) kepada Presiden Gunma Safari World Jepang Takahaski Kunihiko. Sister park yang diawali sejak tahun 2000, juga melibatkan pelajar di sekitar TSI untuk menanam mahoni (swietenia macrophylla) dan wuni (antidesma bunius).

“Kami telah memulai kerja sama pada tahun 2000 sebagai upaya konservasi satwa dan lingkungan di berbagai tempat di Indonesia. Kami juga mendukung program pengembangbiakan gajah yang saat ini berada di Gunma Safari Park. Kami berharap program ini bisa berjalan baik agar dapat menjaga dari ancaman kepunahan,” kata Takahaski Kunihiko.

Direktur TSI II Prigen, Frans Mananangsang mengungkapkan, gerakan penghijauan merupakan salah satu upaya memelihara dan memulihkan kondisi alam agar terus berproduksi dan berfungsi secara optimal. Melalui sister park, TSI telah memberikan kontribusi kepada Gunma Safari Park dengan peminjaman satwa hasil penangkaran di TSI.

Sebagai kontribusinya, Gunma Safari Park membantu program konservasi harimau sumatera, owa jawa, dan lainnya. Selain itu, juga penanaman pohon di Taman Nasional (TN) Way Kambas, Lampung, TN Gunung Pangrango, TN Gunung Halimun, Salak, Taman Wisata Gunung Pancar Bogor, TN Bali Barat, kawasan Tanjung Benoa, Bali, Nusa Penida, Klungkung dan kawasan konservasi Masigit Kareumbi, Bandung.

“Gerakan penghijauan untuk memelihara dan menjaga keseimbangan alam, sehingga hutan atau lingkungan terus berproduksi dan berfungsi secara optimal,” kata Frans Mananangsang. Direktur Konservasi Keragaman Hayati (KKH) Kementerian Kehutanan Bambang Dahono Adjie mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Adanya kepedulian warga Jepang melakukan konservasi di tanah air seharusnya menjadi penyemangat agar masyarakat Indonesia lebih peduli lagi. Pada kesempatan itu, para dermawan asal negara Jepang dan Gunma Safari Park memberikan donasi sebesar 600.000 yen kepada KPH Pasuruan untuk pengembangan gerakan penghijauan di kawasan hutan dan Gunung Arjuno-Welirang.

Kegiatan ini diharapkan menjadi penunjang program pemerintah dalam gerakan penanaman satu miliar pohon.

Arie yoenianto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0060 seconds (0.1#10.140)