Prodi Komunikasi UMM Kian Diakui

Sabtu, 07 Februari 2015 - 10:23 WIB
Prodi Komunikasi UMM Kian Diakui
Prodi Komunikasi UMM Kian Diakui
A A A
MALANG - Awal tahun ini Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil mempertahankan posisinya sebagai Indonesia Best Schools of Communications and Management tahun 2014 versi Majalah Mix.

Penghargaan yang diraih UMM juga diberikan kepada Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Pasundan (Unpas) Bandung, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi London School of PublicRelations(LSPR) Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) Jakarta, dan Universitas Islam Bandung (Unisba).

Penghargaan ini didasarkan hasil survei sepanjang tahun 2014 terhadap kampus di Indonesia yang memiliki Sekolah Komunikasi dan Manajemen setara S1 dengan status akreditasi A. Pada tahun 2013, Komunikasi UMM juga meraih penghargaan sama. Ketua Prodi Komunikasi UMM, Sugeng Winarno, menyebutkan pengakuan publik ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kesungguhan prodinya untuk menjaga kualitas.

“Setelah mempertahankan nilai akreditasi A, kami gencar melakukan pembinaan kema-hasiswaan, menambah kegiatan untuk kreativitas mahasiswa, memperkuat mata kuliah praktikum, serta memperluas jaringannya,” ujar dia.

Dijelaskannya, Prodi Ilmu Komunikasi UMM memiliki tiga peminatan, yaitu Public Relations (PR), Komunikasi Audio Visual (AV), dan Jurnalistik. Dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang ilmu komunikasi.

Kampus ini mengoptimalkan kegiatan kemahasiswaan yang relevan dengan minat bakat di bidang komu-nikasi, seperti Jurnalistik Fotografi Club (Jufoc), Himpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom), Kelompok Pecinta Sinematografi Kine Klub, Public Relations (PR) Club, dan Journalistic Club (JC).

“Alhamdulillah, secara umum Komunikasi UMM sangat dikenal berkat alumni-alumninya yang menyebar di berbagai posisi strategis, baik di media massa, di pemerintahan, perusahaan swasta, maupun yang wiraswasta mandiri,” ungkap Sugeng.

Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi UMM Zen Amiruddin menambahkan, Mix Marketing Communication merupakan majalah komunikasi pemasaran berpusat di Jakarta yang setiap tahun mengupas sekolahsekolah S1 ilmu komunikasi dan pemasaran terbaik di Indonesia.

Metode yang dilakukan adalah wawancara pada stakeholders kampus terdiri dari calon mahasiswa, para orang tua, serta praktisi human resource di berbagai perusahaan di Indonesia yang menggunakan jasa lulusan perguruan tinggi untuk disurvei.

“UMM merupakan satu- satunya kampus di Malang meraih penghargaan Indonesia Best Schools of Communications and Management tahun 2014,” ucap Zen.

Maman Adi Saputro
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6300 seconds (0.1#10.140)