Atap The Bagong Jatim Park Terbakar

Minggu, 18 Januari 2015 - 10:05 WIB
Atap The Bagong Jatim Park Terbakar
Atap The Bagong Jatim Park Terbakar
A A A
BATU - Pengunjung taman wisata dan belajar, Jatim Park (JTP) 1, di Jalan Dewi Sartika Atas, Kota Batu, heboh. Mereka dikejutkan kebakaran di bagian atap museum tubuh gedung The Bagong Adventure pada pukul 13.45 WIB kemarin.

Kobaran api langsung membakar atap gedung terbuat dari ijuk hingga habis. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, tapi manajemen JTP 1 panik. Lantaran dalam area yang terbakar terdapat pekerja sedang menyelesaikan pekerjaannya.

Dalam gedung terdapat 20 orang wisatawan dan 10 orang pemandu wisata. Manajer Operasional JTP 1, Rinasari menyatakan, api yang membakar atap gedung The Bagong Adventure berasal dari percikan api dari pekerja yang sedang mengelas rangka atap gedung. Percikan api langsung membakar ijuk yang menutupi bangunan gedung.

”Pekerjaan di gedung The Bagong Adventure ini sebenarnya tinggal proses finishing . Pekerjaannya tinggal 10% saja. Tadi pekerja yang melakukan pengelasan langsung teriak minta tolong karena atapnya terbakar. Saat itu juga pengunjung dalam gedung kami evakuasi lewat lift. Pekerjanya kami bantu untuk keluar ruangan juga. Lantas seluruh aliran listrik kami padamkan,” kata Rina.

Menurut dia, gedung museum tubuh The Bagong terdiri enam lantai. Lantai paling atas dan atap gedung disekat dengan lantai cor dak. Andaikan tidak ada pembatas lantai yang kokoh, mungkin seluruh ornamen dalam museum itu terbakar.

”Di lantai paling atas terdapat enam tabung alat pemadam kebakaran (apar) ukuran 12 kg. Saat kebakaran teman-teman sekuriti dibantu para pekerja konstruksi gedung langsung menyemprot api dengan tabung apar. Tapi karena yang terbakar ijuk sehingga apinya langsung menjalar ke seluruh sudut atap gedung. Soal kerugian materi kami perkirakan mencapai Rp20 jutaan,” ungkap Rina.

Menurut Rina, untuk proses perbaikan dan pembersihan bekas kebakaran, operasional museum tubuh The Bagong Adventure akan ditutup sementara selama 3-5 hari. ”Pokoknya, kami bersihkan dulu sisa yang terbakar. Biar pengunjungnya nyaman berwisata di JTP 1,” kata dia.

Kapolsek Batu AKP Slamet Riyadi menegaskan, anggota Polres Batu sudah menginvestigasi di lokasi kebakaran. Dugaan awal kebakaran di gedung The Bagong Adventure berasal dari percikan api dari pekerja yang mengelas rangka atap gedung.

”Tidak ada korban jiwa dalam kejadian kebakaran di JTP 1 ini. Ada tiga unit mobil PMK Kota Batu ditambah satu unit mobil tangki milik JTP yang membantu memadamkan apinya, sehingga proses pemadam api berlangsung singkat sekitar 20 menit bisa dipadamkan,” kata Riyadi.

Maman adi saputro
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5230 seconds (0.1#10.140)