Mayor Bakti Komandan Baru

Jum'at, 19 Desember 2014 - 13:24 WIB
Mayor Bakti Komandan...
Mayor Bakti Komandan Baru
A A A
SIDOARJO - Jabatan Komandan Batalyon Infanteri (Dan Yonif) 3 Marinir diserahterimakan dari Letkol Marinir Agus Gunawan Wibisono kepada Mayor Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan.

Serah terima jabatan (sertijab) dilakukan hari ini di Lapangan Apel Markas Yonif-3 Marinir Brigif-1 Marinir, Bumi Marinir, Gedangan, Sidoarjo. Letkol Marinir Agus Gunawan Wibisono selanjutnya menjabat Paban Rengar Sops Pasmar-1. Sedangkan Mayor Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan sebelumnya menempati posisi Danyon Marhanlan VIII Bitung.

Upacara hari ini berbeda dengan upacara sertijab di lingkungan militer pada umumnya. Upacara diawali berbarisnya peserta layaknya seperti perang. Setelah terdengar suara ledakkan, prajurit masuk ke areal upacara. Ada yang menuruni tali, lompat dari truk, memanggul perahu karet, dan lainnya.

Selanjutnya disusul pemeriksaan kesiapan senjata. Ada senjata bantuan batalyon (senbayon), di antaranya mortir (Mo-81), senjata tanpa tolak balik (STTB) atau antitank, senjata mesin berat (SMB), dan lainnya. Selain itu, senjata bantuan kompi (senbapi) yang meliputi general perpoce machine gun (GPMG) atau senjata kelompok, mortir (Mo-60), dan lainnya.

Setelah peserta merapikan pakaian sebagai persiapan terakhir, Komandan Kompi (Danki) Dragon Yonif-3 Kapten Marinir Yusman Efendi selaku Komandan Upacara (Dan Up) masuk ke lokasi upacara. Menariknya, Dan Up masuk dengan cara menunggang kuda. Komandan Brigif (Dan Brigif-1) Marinir Kolonel Marinir Y Rudy Sulistyanto bertindak selaku inspektur upacara.

Sertijab ditandai penyerahan Tunggul Batalyon Satriya Aniwarya Madya Yudha dari Danyonif-3 yang lama ke baru. Demonstrasi penyerangan gubuk yang menjadi tempat persembunyian musuh juga ditunjukkan. Prajurit Yonif-3 Marinir cukup piawai melumpuhkan musuh. Ini sejalan dengan semboyan Dan Yonif-3 Marinir Macan Hitam (Mahita), Petarung Perkasa.

Sejak keberadaannya per Februari 1962, Dan Yonif-3 Marinir beberapa kali diserahterimakan. Dan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Y Rudy Sulistyanto menegaskan, sertijab merupakan tuntutan alamiah dalam suatu organisasi militer. ”Sertijab memiliki makna strategis dalam rangka mendinamisasikan organisasi agar senantiasa responsif dan antisipatif terhadap perkembangan situasi dan tugas mendatang,” ucap Rudy.

Menurutnya, Yonif-3 Marinir merupakan kekuatan utama Brigif-1 Marinir yang mempunyai tugas pokok membina kemampuan dan menyiapkan kekuatan melaksanakan sejumlah operasi.

Operasi Amphibi, pertahanan, pengamanan pulau- pulau terluar, dan operasi tempur lain yang bersifat strategis maupun operasi tempur lainnya.

Soeprayitno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0430 seconds (0.1#10.140)