Kapal Pesiar Karibia Buka 1.000 Lowongan

Kamis, 04 Desember 2014 - 12:05 WIB
Kapal Pesiar Karibia Buka 1.000 Lowongan
Kapal Pesiar Karibia Buka 1.000 Lowongan
A A A
PASURUAN - Penyelenggaraan job fair di Kabupaten Pasuruan pada penutup tahun 2014 terasa istimewa.

Selain lowongan tenaga kerja yang disediakan 49 perusahaan, sebuah perusahaan kapal pesiar juga menawarkan 1.000 lowongan pekerjaan. Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi Kabupaten Pasuruan Yoyok Heri Sucipto mengungkapkan, lowongan untuk kapal pesiar asal Kepulauan Karibia, Amerika bagian Tengah, ini hanya bisa dipenuhi dari dua daerah di Indonesia, yaitu Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lombok Timur.

Sebab, kedua daerah ini telah memiliki balai latihan kerja (BLK) bersertifikasi internasional. “Mereka sangat tertarik dengan karakter pekerja dari Indonesia yang rajin bekerja dan murah senyum. Ada 1.000 lowongan pekerjaan bagi pekerja untuk mengisi diberbagai kebutuhan di kapal pesiar,” kata Yoyok.

Menurut dia, calon tenaga kerja pada kapal pesiar ini nantinya dilatih terlebih dulu untuk meningkatkan keterampilan dan bahasa Inggrisnya. Melalui pendidikan singkat di BLK yang telah bersertifikasi, calon tenaga kerja ini diharapkan siap berlayar mengelilingi samudra.

“Hanya BLK Kabupaten Pasuruan dan Lombok Timur yang boleh merekrut tenaga kerja untuk kapal pesiar. Lulusan BLK Kabupaten Pasuruan juga dilengkapi sertifikasi yang didapat digunakan pada tingkat ASEAN,” tandas Yoyok.

Job fair yang diikuti 49 perusahaan tersebut juga menyediakan 4.043 lowongan lain untuk 355 lulusan SMP, 3.169 lulusan SMA/SMK, 232 lulusan D-1, dan 287 lulusan S-1. “Rekrutmen tenaga kerja ini akan mengurangi jumlah pengangguran yang setiap tahun bertambah. Angka pengangguran di Kabupaten Pasuruan saat ini mencapai 4,3%, lebih rendah dibanding Surabaya,” tandas Yoyok.

Salah seorang peserta job fair asal Kecamatan Pandaan, Asrori, mengaku senang dengan difasilitasinya untuk memperoleh kesempatan kerja. Sebab, dia bisa memilih sesuai dengan persyaratan dan keahlian yang dimilikinya.

Arie Yoenianto
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6795 seconds (0.1#10.140)