Pohon Beringin di Alun-Alun Banjarnegara Tumbang

Senin, 01 Desember 2014 - 01:06 WIB
Pohon Beringin di Alun-Alun Banjarnegara Tumbang
Pohon Beringin di Alun-Alun Banjarnegara Tumbang
A A A
BANJARNEGARA - Sebuah pohon beringin tua tumbang dan menimpa mobil pikap di Banjarnegara, Jawa Tengah. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun mobil pikap rusak parah.

Pohon beringin tua dengan diameter 1 meter di Alun-Alun Banjarnegara, Jawa Tengah, tumbang Minggu (30/11/2014) malam. Selain menimpa mobil pikap, pohon beringin yang tumbang itu menutup seluruh badan jalan yang menuju ke pusat perkantoran pemerintah daerah.

Kejadian berawal saat Bernando (22), warga Banjarnegara, tengah memarkir mobil pikap H 1766 TF di bawah pohon beringin. Dia hendak membeli makanan. Tak lama kemudian, terdengar suara gemuruh dan pohon beringin tiba-tiba tumbang menimpa mobilnya. Pengemudi yang hanya berjarak 3 meter dari mobil langsung berlari menyelamatkan diri.

"Kondisi saat kejadian enggak ada angin dan hanya hujan gerimis. Tiba tiba terdengar suara gemuruh dan tak lama pohon langsung tumbang menimpa mobil, alarm mobil dan klakson yang terus berbunyi sontak membuat warga panik," papar Dian, saksi mata.

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Satlantas Polres Banjarnegara yang dibantu warga langsung menggergaji pohon tumbang itu untuk mengevakuasi mobil yang tertimpa pohon. Setelah tiga jam, mobil berhasil dievakuasi.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, kondisi mobil hancur dengan kerugian material mencapai Rp40 juta.

Warga berharap pemerintah melalui instansi terkait bisa lebih memperhatikan kondisi dan umur pohon yang berada di sekitar area jalan. Sebab, banyaknya pohon tua di sekitar Alun-Alun Banjarnegara dan jalur provinsi arah Banjarnegara-Semarang cukup membahayakan nyawa pengendara.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7425 seconds (0.1#10.140)