Ganti Pipa Air, PDAM Surabaya Siapkan Rp100 Miliar

Kamis, 16 Oktober 2014 - 03:17 WIB
Ganti Pipa Air, PDAM Surabaya Siapkan Rp100 Miliar
Ganti Pipa Air, PDAM Surabaya Siapkan Rp100 Miliar
A A A
SURABAYA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya tahun ini mengalokasikan dana sebesar Rp100 miliar guna peremajaan pipa saluran air.

Pipa yang diremajakan sepanjang 125 kilometer (km). Sementara, pipa yang baru diperbaiki sepanjang 80 km. Proyek penggantian pipa secara keseluruhan ditargetkan tuntas akhir tahun ini.

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Ashari Mardiono, menyatakan peremajaan pipa tersebar di sejumlah titik, salah satunya di Jalan Panglima Sudirman.

“Peremajaan ini bisa dikatakan sebagai program kerja abadi. Karena tiap tahun pasti ada titik-titik pipa yang akan kami perbaiki. Tahun depan, juga akan ada lagi peremajaan pipa, kira-kira panjang pipanya hampir sama seperti tahun ini,” katanya, Rabu (15/10/2014)

Saat ini, kata dia, cakupan aliran air bersih ke warga baru sekitar 90%. Untuk bisa mencapai 100%, membutuhkan penambahan kapasitas terpasang sekitar 1.500 liter per detik dari posisi saat ini sebesar 10.830 liter per detik.

Penambahan kapasitas terpasang ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Baik melalui skema pasokan dari Umbulan maupun dengan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Karang Pilang IV.

"Hingga tahun 2016 mendatang, kami masih belum berencana membangun IPAM. Kami akan mengoptimalkan yang ada terlebih dulu. Kalau investasi, kami tidak mengacu pada pembangunan IPAM, tapi lebih pada penambahan kapasitas terpasang. Untuk per liter perdetik air bersih, butuh investasi sebesar Rp100 juta," katanya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8186 seconds (0.1#10.140)