Gunung Slamet Berdentum Tiga Kali

Jum'at, 12 September 2014 - 19:31 WIB
Gunung Slamet Berdentum Tiga Kali
Gunung Slamet Berdentum Tiga Kali
A A A
PEMALANG - Aktivitas vulkanik Gunung Slamet kembali menggeliat Jumat malam ini. Kurang dari lima menit, terdengar tiga kali suara dentuman cukup keras disertai lontaran sinar api dan lava pijar setinggi lebih dari seribuan meter.

Suara dentuman tersebut terdengar cukup keras dari Pos Pengamatan Gunung Api Slamet Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang yang berjarak sekitar 9 kilometer dari puncak kawah. Suara dentuman terdengar pertama kali sejak pukul 18.51 WIB. Hingga saat ini suara dentuman masih terdengar.

Puluhan warga di Pos Gambuhan yang sejak tadi tak bisa menyaksikan puncak Gunung Slamet karena terhalang kabut tebal langsung beringsut menonton sinar api dan lava pijar yang terlihat jelas di puncak gunung.

"Tadi sedang asyik ngobrol, tiba-tiba terdengar dentuman keras sekali sampai tiga kali kurang dari lima menit. Kira-kira jeda satu menitan," kata Agus (47), salah satu warga kepada Sindonews.com di Pos Gambuhan Jumat (12/9/2014)..

Sebelumnya, sejak pagi hingga sore hari, Gunung Slamet terpantau cukup tenang dan lebih sering terhalang kabut tebal sehingga pengamatan secara visual tidak bisa dilakukan meski sesekali kali suara dentuman terdengar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6526 seconds (0.1#10.140)