Suara Gemuruh dari Puncak Gunung Slamet, Bikin Siswa SD Ketakutan

Kamis, 26 Oktober 2023 - 15:41 WIB
loading...
Suara Gemuruh dari Puncak Gunung Slamet, Bikin Siswa SD Ketakutan
Siswa SD Negeri Gambuhan di Kabupaten pemalang, Jateng, merasa ketakutan mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Slamet. Foto/iNews TV/Suryono Sukarno
A A A
PEMALANG - Adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet di Kabupaten Pemalang, Jateng, membuat para pelajar di SD Negeri Gambuhan merasa takut. Pasalnya, mereka sering kali mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Slamet.



Suara gemuruh dari puncak Gunung Slamet tersebut, juga disertai kepulan asap putih, sehingga membuat para pelajar tersebut takut sewaktu-waktu Gunung Slamet meletus. Hingga saat ini status Gunung Slamet, masih berada di level II atau waspada.



Peningkatan status Gunung Slamet tersebut, ditandai dengan adanya peningkatan gempa tremor yang menandai adanya pergerakan magma dari perut bumi ke permukaan, serta terjadinya gempa hembusan.



Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, hanya berjarak sekitar 5-8 km dari puncak Gunung Slamet. Wilayah desa tersebut, merupakan daerah rawan bencana letusan Gunung Slamet, yang merupakan gunung tertinggi di Jateng.

Kepala SD Negeri Gambuhan, Gutomo mengatakan, para pelajar sudah diimbau untuk tidak panik dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet. Tetapi, mereka juga tetap diminta untuk waspada. "Para siswa mengaku banyak yang takut, karena sering mendengar suara gemuruh," tuturnya.

Suara Gemuruh dari Puncak Gunung Slamet, Bikin Siswa SD Ketakutan


Ketakutan dengan adanya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Slamet tersebut, juga diakui siswa kelas enam SD Negeri Gambuhan, Ramadhan. "Kalau dengar suara gemuruh, dan ada asap di puncak gunung jadi takut," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)