Kondisi Gunung Merapi terus dievaluasi

Sabtu, 26 April 2014 - 01:07 WIB
Kondisi Gunung Merapi terus dievaluasi
Kondisi Gunung Merapi terus dievaluasi
A A A
Sindonews.com - Balai Penyelidkan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta terus mengevaluasi perkembangan Gunung Merapi yang terlihat mengeluarkan asap solfatara putih, pada Jumat pagi 25 April 2014.

Merapi sendiri yang biasanya tertutup kabut juga terlihat cerah. Sehingga keluarnya asap solfatara tersebut nampak jelas dari kejauhan.

Kasi Kegunung Apian BPPTKG Yogyakarta Sri Sumarti mengatakan, dari pantauan dan informasi yang ada, sampai saat ini status Merapi masih normal. Namun begitu, tetap terus akan melakukan update terhadap perkembangan Merapi tersebut.

“Untuk intensitas Merapi masih normal,” ungkapnya, Jumat 25 April 2014. Mengenai keluarnya asap solfatara, itu merupakan hal biasa.

Hanya saja tetap akan melakukan evaluasi terhadap perkembangan tersebut. Untuk evaluasi sendiri sebenarnya rutin dilakukan setiap Jumat dan dari evaluasi ini, selain untuk mengetahui perkembangan Merapi sekaligus untuk bahan menentukan kebijakan.

“Evaluasi yang kami lakukan sifatnya rutin, sehingga tidak ada hubungannya dengan aktivitas Merapi yang mengeluarkan asap solfatara pagi ini (kemarin). Hasil dari evaluasi itu, nantinya untuk laporan mingguan,” timpalnya.

Sementara itu, untuk menghindari kejadian hembusan gas, abu vulkanik dan letusan freatik yang bisa yang biasa terjadi setiap saat, kegiatan pendakian Gunung Merapi BPPTKG Yogyakarta menyarankan hanya sampai di Pasar Bubar atau di ketinggian 2500 meter di atas permukaan laut (mdpl).
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4714 seconds (0.1#10.140)