Merapi belum siap meletus secara dahsyat

Jum'at, 04 April 2014 - 16:45 WIB
Merapi belum siap meletus secara dahsyat
Merapi belum siap meletus secara dahsyat
A A A
Sindonews.com - Gunung Merapi yang terus diguncang gempa vulkanik satu minggu terakhir ini diprediksi belum akan meletus secara dahsyat dalam waktu dekat. Sampai saat ini status gunung api paling aktif ini masih aktif normal.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Subandriyo mengakui, dalam sepekan terakhir sudah terjadi gempa vulkanik di dalam perut Merapi yang disertai semburan gas. Karenanya BPPTKG telah mengirimkan tim ke Gunung Merapi.

Menurut dia, ada tiga hasil yang diemban tim dalam misi tersebut. Tiga misi itu adalah mengambil sampling gas vulkanik, sampling material dari hasil lontasan letusan minor pada 27 Maret 2014 dan perbaikan alat.

Dari misi tersebut, lanjut dia, mendapatkan beberapa keseimpulan seperti sampling gas diakui ada, namun kandungan kimiawi masih dalam proses analisis.

Hasil kedua adalah pascahembusan minor, di sekitar 300 meter puncak Merapi ditemukan bongkahan material.

Dia menambahkan, bongkahan material tersebut secara visual merupakan hasil erupsi high explosif. Dengan kata lain, Merapi belum menyusun fase baru. "Artinya Merapi belum siap meletus dalam waktu dekat," timpalnya.

Menurut Subandriyo, pascaerupsi high eksplosif 2010 sejauh ini belum ada indikasi terbentuknya magma baru.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6967 seconds (0.1#10.140)