Rekonstruksi wilayah bencana Kelud dimulai

Minggu, 23 Februari 2014 - 06:01 WIB
Rekonstruksi wilayah bencana Kelud dimulai
Rekonstruksi wilayah bencana Kelud dimulai
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) mulai hari ini akan melaksanakan agenda rekonstruksi wilayah yang terkena bencana Gunung Kelud.

Pemprov juga sudah belanja material untuk pembangunan rumah warga yang rusak akibat abu vulkanik itu. Selanjutnya, mulai Senin 24 Februari 2014, perbaikan rumah warga mulai dilaksanakan. Ditargetkan pembangunan elesai dalam waktu satu bulan.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo bersama sejumlah aparat gabungan penanganan bencana Gunung Kelud menggelar rapat tertutup. Rapat yang digelar di Gedung Grahadi membahas verifikasi data terkait bencana.

Hadir pula dalam rapat Wakil Gubernur Jatim, Kasdam V Brawijaya, Wakapolda Jatim, Sekda Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Blitar dan Kota Kediri.

Rapat melakukan verifikasi data terkait jumlah kerugian serta data jumlah pengungsi. Data tersebut akan digunakan sebagai patokan semua pekerjaan rekontruksi pasca bencana baik di tingkat kabupaten, propinsi dan pusat.

"Data itu harus melalui verifikasi Kepala Desa, Babinkamtibmas, Babinsa dan Caman setempat. Dari situ naik ke Bupati dan juga ke provinsi," kata Wakil Gubernur Jatim Saifulah Yusuf (Gus Ipul), Sabtu (22/2/2014).

Seperti diketahui, pasca erupsi ribuan rumah milik warga di sekitar Gunung Kelud rusak. Setelah dipastikan Kelud tidak akan erupsi lagi dalam waktu dekat ini, ribuan pengungsi diizinkan pulang. Pemprov berjanji akan membantu perbaikan rumah tersebut. Namun banyak sebagian dari warga memilih memperbaiki sendiri karena pemerintah dinilai lamban.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7871 seconds (0.1#10.140)
pixels