Pemkab Kediri pelit keluarkan dana bencana?

Jum'at, 21 Februari 2014 - 20:19 WIB
Pemkab Kediri pelit keluarkan dana bencana?
Pemkab Kediri pelit keluarkan dana bencana?
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kediri disebut pelit oleh sebagian kalangan lantaran tak mengeluarkan dana sepeserpun untuk penanganan bencana erupsi Gunung Kelud.

Wakil Bupati Kediri Maskuri pun angkat bicara terkait tudingan tersebut. Saat diwawancarai wartawan, dia mengakui jika alokasi dana Gunung Kelud yang disiapkan Pemkab Kediri masih belum berkurang sama sekali.

Selama ini, seluruh kebutuhan yang diperlukan selama penanggulangan bencana masih menggunakan dari bantuan. “Benar dana Rp2 miliar yang kita sediakan masih utuh,“ ujar Maskuri, Jumat (21/2/2014).

Meski dana masih utuh, Masykuri mengakui anggaran Rp2 miliar yang ada tidak cukup untuk menormalkan kerusakan yang ada. “Karenanya kita akan mengajukan tambahan dana Rp50 miliar. Semoga DPRD menyetujui,“ pungkasnya.

Menurut Masykuri, pihaknya menerima bantuan logistik serta bantuan 12 ribu bal semen dari salah satu lembaga BUMN. Kemudian juga 12 ribu biji genting. Sebab, dalam recovery, Pemkab Kediri tidak akan memberikan bantuan berupa uang.

“Nantinya, semua bantuan diwujudkan dalam barang. Tidak ada yang berupa uang,“ terangnya.

Dari hasil inventarisir sementara tercatat ada sebanyak 3.192 unit bangunan yang rusak parah. Kemudian ada sebanyak 2.192 unit bangunan rusak ringan.

Seperti diketahui, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X juga mengirimkan sumbangan untuk para korban erupsi gunung Kelud.

Raja Jawa tersebut memberi bantuan kayu dan genting untuk rumah-rumah warga yang rusak akibat material vulkanik. Sedikitnya ada empat truk yang dikirimkan dari Yogyakarta.

Baca:
Kelud meletus, sepeserpun Pemkab Kediri tak keluar uang
Waspada, Gunung Kelud terus diguyur hujan
22 ribu pengungsi Kelud di Malang sudah pulang
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5283 seconds (0.1#10.140)