Waspada, Gunung Kelud terus diguyur hujan

Jum'at, 21 Februari 2014 - 15:17 WIB
Waspada, Gunung Kelud terus diguyur hujan
Waspada, Gunung Kelud terus diguyur hujan
A A A
Sindonews.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso Malang menyatakan hujan akan terus mengguyur kawasan di dataran tinggi atau sekitar puncak Gunung Kelud hingga sepekan ke depan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malang Hafi Lutfi mengatakan, pihaknya bersama tim tetap mewaspadai banjir lahar meski diprediksi volumenya mengecil.

Kendati demikian, jika hujan terus terjadi, Hafi mengatakan ancaman luapan Sungai Konto yang mengalir di wilayah Pujon, Ngantang, dan Kasembon. Dia pun mengatakan warga untuk meningkatkan kewaspadaan terkait hal tersebut.

"Banjir lahar yang terjadi beberapa hari lalu menyebabkan pendangkalan sungai, sehingga dikhawatirkan sungai tak bisa menampung air yang mengakibatkan banjir," sebut Hafi, Jumat (21/2/2014).

Berdasarkan pantauan BPBD di sekitar Ngantang, sejak siang tadi kawasan Ngantang dan sekitarnya terus diguyur hujan deras.

Sementara itu, sejumlah warga Desa Pandansari yang rumahnya rusak hingga kini masih ditampung di Pos Selorejo yang lokasinya lebih dekat dengan rumah mereka. Namun, sebagian warga juga sudah pulang untuk memperbaiki rumah mereka masing-masing.

Baca:
22 ribu pengungsi Kelud di Malang sudah pulang
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5924 seconds (0.1#10.140)