Bandara Adi Soemarmo kembali beroperasi

Kamis, 20 Februari 2014 - 09:13 WIB
Bandara Adi Soemarmo kembali beroperasi
Bandara Adi Soemarmo kembali beroperasi
A A A
Sindonews.com - Tepat pukul 7.00 WIB tadi Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah kembali beroperasi. Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 221 tujuan Solo-Jakarta menjadi pesawat pertama terbang setelah Bandara dinyatakan berhenti beroperasional akibat abu vulkanik Gunung Kelud.

Pantauan di lapangan, sejak pagi hari, ratusan penumpang sudah memadati tempat check in bandara. Papan informasi keberangkatan dan kedatangan dibandara pun sudah mulai menyala.

Kesibukan tidak hanya terlihat di lokasi check in bandara, di apron bandara pun, puluhan petugas dari empat maskapai penerbangan, Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya dan Kalstar terpantau sibuk memasukkan barang penumpang.

Komandan Lanud Adi Soemarmo Koloner (Pnb) Agus Radar Sujahyo mengatakan secara resmi pengoperasionalan bandara sudah bisa dipergunakan kembali. Dari pemantuan yang dilakukan pihak TNI AU bersama PT Angkasa Pura termasuk pihak Bandara Adi Soemarmo, tidak ada keterlambatan terbang semua maskapai.

"Jadwal penerbangan telah kembali normal. Tidak ada keterlambatan terbang semua maskapai. Pesawat Garuda menjadi maskapai pertama yang terbang, di susul tiga maskapai lainnya. Sebelumnya pesawat Garuda dengan nomor penerbangan 220 juga sudah mendarat dengan mulus," jelas dia ketika ditemui di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah, Kamis (20/2/2014).

Menurut pria yang akrab disapa Radar ini, sebelum bandara dioperasiona, pengecekan semua fasilitas bandara, mulai dari apron, taksiway, runway, dan landasan pacu dilakukan bersama-sama dengan seluruh pilot dari empat maskapai tersebut.

Dari pengecekan, semua pilot menyatakan bandara sudah tidak ada masalah. Meskipun, saat pesawat lepas landas, debu-debu yang dibersihkan masih terlihat beterbangan.

"Pilot maskapai menyatakan, bandara sudah tidak ada masalah,"jelasnya.

Sebagai penutup penerbangan perdana Bandara Adi Soemarmo,tepat pukul 7.55 WIB, maskapai penerbangan Kalstar rute Solo-Balikpapan menjadi maskapai terakhir yang terbang.

Baca berita:
Bandara Adi Soemarmo masih seperti 'gurun'
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5435 seconds (0.1#10.140)